Dialog Bareng Mahasiswa Indonesia, Ini Pesan Elon Musk dan Nadiem di Momen G20

Bachtiar Rojab
Dok. Kemendikbud

SERANG, iNewsBanten - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, dan CEO Tesla Motors, Elon Musk turut melakukan dialog dengan 400 Mahasiswa Indonesia dalam forum G20.

Dalam kesempatan itu, Nadiem turut menjelaskan terkait pentingnya konsep lintas generasi.

Sebab, generasi penerus bakal menjadi bekal dalam upaya mewujudkan masa depan yang lebih baik.

"Dengan mengedepankan kolaborasi lintas sektor dan lintas generasi, pendidikan memainkan peran penting dalam mendorong masa depan yang lebih baik,” ujar Nadiem dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Nadiem turut memamerkan capaian Kemendikbudristek terkait program prioritas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Nadiem, dengan adanya program tersebut hal itu, dapat meruntuhkan sekat antara kampus dengan dunia kerja.

"Khusus untuk jenjang pendidikan tinggi, dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka kami berupaya meruntuhkan sekat-sekat antara perguruan tinggi, industri, dan masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain, Elon turut memberikan pengalamannya saat menginjak usia muda. Saat itu, ia kerap berkhayal terkait perubahan zaman oleh ilmu fisika.

Hal itu, kata Elon, karena sejak kecil Ia kerap disibukkan dengan bacaan dan tontonan terkait hal-hal berbau fiksi ilmiah.

“Kebiasaan itu banyak berdampak pada saya untuk mencari kebenaran dalam banyak hal. Dari situ saya menemui bahwa fisika sangat membantu dalam segala hal," ucap Elon.

Adapun Elon juga turut menanggapi terkait pernyataan Nadiem yang menyebut pihaknya tengah melepas sekat-sekat antara perguruan tinggi dan industri.

"Kita harus thau apa yang relevan. Ketika mau menyelesaikan masalah, kita harus thau apa alat yang harus kita gunakan untuk menyelesaikan masalah dan memahami bagaimana menentukan alat yang membantu proses penyelesaian masalah itu. Pendidikan di masa depan pun harus seperti itu," jawab Elon.

"Apa yang perlu diajarkan adalah kemampuan berpikir kritis. Harus berani menolak konsep yang tidak baik," sambungnya.

Sedangkan, soal nasihat karier bagi mahasiswa yang menghadiri kegiatan ini, Elon Musk berbagi ide pekerjaan-pekerjaan masa depan yang akan banyak diminati.

"Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan energi berkelanjutan," paparnya.

 

 

Artikel ini telah tayang di https://edukasi.okezone.com/read/2022/11/14/624/2707147/dialog-bareng-mahasiswa-indonesia-ini-pesan-elon-musk-dan-nadiem-di-momen-g20?page=3

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network