Era Kendaraan Listrik Masih Masif, Ini Tantangan Indonesia Pada Industri Otomotif

Dani M Dahwilani
Webinar Strategi Transisi Pengembangan EV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia, Kamis (1/12/2022).

JAKARTA, iNewsBanten - Indonesia saat ini menjadi salah satu produsen dan eksportir otomotif terbesar di wilayah Asia Pasifik. Industri otomotif nasional memegang peran strategis sebagai bagian dari rantai pasok, dengan jangkauan wilayah ekspor merambah hingga 80 negara di dunia. 

Bagaimana memasuki era kendaraan listrik yang semakin masif? Di tengah upaya eskalasi kontribusi sebagai basis produksi dan ekspor global, Indonesia menyongsong era elektrifikasi industri otomotif nasional. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri untuk membuktikan apakah produk otomotif berteknologi tinggi buatan dalam negeri dapat berkompetisi mempertahankan performa positif dan keluar sebagai pemenang. 

Pemerintah Indonesia telah memperkuat kembali komitmennya dengan meningkatkan target penurunan emisi karbon hingga 31,89 persen dengan upaya sendiri (unconditional), dan sebesar 43,20 persen melalui dukungan dari internasional (conditional) untuk mencapai Net-Zero Emission (NZE) pada 2060, seperti tertulis dalam Long-Term Strategy for Low Carbon and Climate Resilience (LTS-LCCR 2050). 

Civitas Akademika Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Dr Ir Drajad Irianto M.Eng mengatakan, upaya menekan emisi karbon sebagaimana ditetapkan pemerintah Indonesia dalam target NZE 2060 nyatanya memerlukan adanya transisi energi dan transformasi industri, maupun bisnis. Pada sektor otomotif, berbagai kebijakan terkini terkait elektrifikasi kendaraan tengah digalakkan, baik dengan adanya dukungan dari sisi fiskal maupun non fiskal guna memperbesar populasi beragam kendaraan elektrifikasi.

"Transisi industri otomotif, termasuk rantai pasoknya merupakan strategi yang harus diimplementasikan untuk menjaga posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor otomotif. Selain soal bagaimana mengelola kendaraan atau unit kendaraan yang sudah ada selama ini. Ada tiga poin yang menjadi garis besar yaitu rodmap industri otomotif, sumber energi dan recycle (baterai) untuk lingkungan yang bersih," ujarnya, dalam webinar Strategi Transisi Pengembangan EV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia, Kamis (1/12/2022).

Profesor Drajad juga menyoroti tantangan mengenai harga baterai yang masih tinggi dan limbah baterai. "Harga baterai akan semakin turun jika suplai chain dan demand-nya tumbuh. Ini juga perlu dukungan pemerintah yang masif dan terstruktur," katanya.

Dr Agus Purwadi, akedimis dari IPB mengungkapkan ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan menuju elektrifikasi dengan mengombinasikan seluruh sarana transportasi, baik transportasi massal maupun pribadi. Langkahnya yaitu dengan bersinergi melalui penggunaan teknologi yang mengonsumsi bahan bakar secara lebih efisien, teknologi yang menggunakan bahan bakar baru dan terbarukan, maupun beralih ke teknologi-teknologi elektrifikasi, seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV) hingga hidrogen baik melalui produksi baru maupun melalui aktivitas konversi. 

"Dengan kombinasi ini, diharapkan semakin banyak kendaraan yang dapat menyumbang pada penurunan emisi yang lebih besar, selain tercipta ekosistem elektrifikasi baru dan kuat sehingga memberikan kesempatan bagi industri otomotif Indonesia semakin kompetitif di era elektrifikasi global. Untuk baterai juga perlu ada standar sama sehingga plug and play dapat mengisi di mana saja. Saat ini, belum sama samua," kata Dr Agus.

Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan, transisi kendaraan elektrifikasi yang tidak tertata akan melemahkan posisi Indonesia sebagai basis global industri otomotif. Kehadiran beragam teknologi kendaraan elektrifikasi rendah emisi yang lengkap, melalui pendekatan strategi multi-pathway akan menjadi kunci keberhasilan Indonesia lebih cepat berkembang dan mengejar posisi sebagai pemain utama produsen serta eksportir kendaraan elektrifikasi di kancah internasional. 

"Di samping itu, roadmap industri otomotif nasional harus disusun dengan memperhitungkan ketersediaan energi, khususnya SDA tidak terbarukan. Dukungan Pemerintah di sektor transportasi melalui manajemen UIO (Unit in Operations), juga menjadi elemen penting untuk mempertahankan posisi dan kontribusi positif industri otomotif nasional selama lebih dari 5 dekade ini,” ujar Bob Azam.

Dia berharap dalam seminar yang melibatkan akedemisi kontribusi teknologi elektrifikasi dengan pendekatan multi-pathway sesuai kebutuhan konsumen yang beragam dan strategi manajemen UIO berperan penting mereduksi emisi untuk mencapai NZE. Bersama dengan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), strategi transisi dan manajemen UIO merupakan bagian integral dan kunci keberhasilan mencapai NZE di Indonesia.

Bob Azam menuturkan untuk kemajuan industri otomotif Indonesia pihaknya mendukung rangkaian seminar nasional (webinar) di berbagai perguruan tinggi Indonesia dengan tema besar 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia Mewujudkan NZE di Indonesia.

“Kehadiran rangkaian seminar nasional ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan era elektrifikasi dan mendorong terciptanya strategi yang komperhensif guna mengakomodir berbagai kebutuhan kendaraan elektrifikasi yang lengkap dan ramah lingkungan dengan tetap memperhatikan tujuan menurunkan emisi karbon dan memastikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” ujar Bob Azam.

 

Artikel ini sudah tayang di iNews.id 

https://www.inews.id/otomotif/mobil/kendaraan-listrik-masif-ini-tantangan-bagi-industri-otomotif-indonesia

 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network