Bangkai Tank Sisa Pertempuran Sengit Ditumbuhi Rumput Menjalar

Kurnia ilahi
Bangkai Tank Sisa Pertempuran Sengit Ditumbuhi Rumput Menjalar (foto Istimewa, -)

SAUSAPOR, iNewsBanten - Papua Barat Sausapor menjadi saksi pertempuran sengit antara tentara sekutu dengan Jepang. Sausapor merupakan ibu kota Kabupaten Tambrauw, Papua Barat (kini Papua Barat Daya). 

Dilansir dari laman TNI, jejak pertempuan di lokasi tersebut masih bisa ditemukan dengan adanya empat tank yang masih utuh di sekitar hutan Sausapor. Bangkai tank tersebut kondisinya ditumbuhi tanaman menjalar.

Tank sisa pertempuran tentara sekutu dengan Jepang di sekitar hutan Sausapor, Papua Barat Daya ditumbuhi tanaman menjalar dan lumut. (Foto: Dok. TNI AL).

Bahkan roda rantai yang melingkari roda-roda giginya masih utuh. Permukaan roda rantai itu juga ditumbuhi lumut. Sementara, beberapa bagiannya tampak telah berkarat.

Keberadaan tank tersebut masih terjaga berkat peran masyarakat adat setempat. Mereka menjaga tank tersebut sebagai bagian dari sejarah di wilayah Indonesia yang bentuknya seperti kepala burung.

Kendaraan baja itu merupakan tank peninggalan Perang Dunia II. Tank tersebut dari bentuknya dapat dikenali sebagai kendaraan tempur mematikan di eranya. 

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://Papua.inews.id/berita/penampakan-tank-sisa-pertempuran-sekutu-dan-jepang-di-hutan-papua-ditumbuhi-lumut

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network