Sidang Isbat Akan Dilakukan Sore ini, Tentukan Kapan Lebaran Idul Fitri 2023 1 Syawal 1443 H

Awan Setiawan
Sidang isbat 1443 H 1 Syawal (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Sebagian masyarakat menunggu malam ke-29 Ramadhan 1444H untuk mendengar informasi dari Kementerian Agama (Kemenag) untuk Sidang Isbat untuk menentukan kapan lebaran Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari ini, Kamis, (20/4/2023).

Sidang isbat akan berlangsung tertutup di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta. Dan akan dihadiri Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, di Jakarta.

Sidang Isbat dimulai pukul 18.15 WIB, yang akan dilaksanakan setelah Sholat Magrib dan tertutup untuk umum. Selain data hisab, Sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Pengumuman hasil sidang isbat dimulai pukul 19.05 WIB.

Kemenag juga akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Tim dari Kemenag diterjunkan ke 123 titik lokasi untuk memantau hilal pada hari itu, apakah terlihat atau tidak.

"Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idul Fitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat," tutup Kamaruddin.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network