Jokowi Tagih Janji Negara Maju Danai Transisi Energi Rp 1.490 T/Tahun

Dovana Hasiana
Presiden Jokowi di KTT G7 di Grand Prince Hotel Hiroshima, Jepang (Foto Ist)

Jakarta - iNewsBanten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menagih janji pendanaan transisi energi oleh negara maju senilai US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.490 triliun (kurs Rp 14.900) per tahun. Hal ini diungkapkan Jokowi dalam salah satu pertemuan di KTT G7 2023 yang dihadiri oleh pemimpin-pemimpin negara maju.

Presiden Joko Widodo menagih komitmen negara maju untuk dana transisi energi negara berkembang senilai 100 miliar dolar Amerika Serikat (AS) per tahun atau setara Rp1.493 triliun. Hingga kini, negara berkembang belum menerima pendanaan konstruktif yang tidak berbentuk utang tersebut.

Menurut Jokowi, negara berkembang mulai meragukan komitmen negara maju dalam mendanai transisi energi untuk mendorong ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada pertemuan sesi 7 dari KTT Group of Seven (G7) 2023 yang mengusung tema “Common Endeavor for a Resilient and Sustainable Planet”.

“Bapak Presiden mengatakan negara berkembang meragukan komitmen negara maju dimana hingga kini pendanaan 100 miliar dolar AS per tahun belum terpenuhi. Pendanaan ini harus konstruktif, bukan dalam bentuk hutang,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi dalam keterangan pers yang disiarkan virtual, Minggu (21/5/2023).

Menlu Retno menjelaskan, Presiden Jokowi menegaskan kepada setiap negara untuk berkontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Setiap pihak pun perlu untuk mengubah pendekatan dalam mengatasi perubahan iklim dari bentuk pengalihan beban (burden shifting) menjadi pembagian beban (burden sharing). Sehingga perubahan iklim tidak hanya dibebankan kepada salah satu pihak, khususnya negara berkembang.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network