Peringatan PHBI 1446 H, Pemkot Cilegon Adakan Doa Bersama Dirangkaikan Haul Pejuang Geger Cilegon

Chaerul
H Rahmatullah Kabag Kesra Kota Cilegon (Foto istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Dalam rangka peringatan hari besar islam (PHBI) 1 Muharram 1446 Hijriah Pemerintah Kota Cilegon menyelenggarakan kegiatan doa bersama yang dirangkaikan dengan Haul pejuang Geger Cilegon 9 Juli 1888, acara tersebut bertempat di Rumah Dinas Walikota Cilegon, Selasa (09/07/2024).

Pejuang Geger Cilegon yang dipelopori oleh seorang tokoh agama yang bernama Haji Wasyid atau biasa disebut Ki Wasyid. Pemberontakan tersebut bermula dari tindakan kesewenang-wenangan pemerintahan hindia belanda yang mengokupasi Banten sebagai salah satu wilayah taklukan hasil jajahan.

Terkait dengan keagamaan dalam memperingati hari besar Islam 1 Muharram 1446 kemudian kita melakukan doa bersama yang dirangkaikan dengan Haul Pejuang Geger Cilegon 1888 yang ke 136 tahun," ucap H.Rahmatullah Kabag Kesra Kota Cilegon saat diwawancarai wartawan.

"Karena ini Leading sector nya ada Dinas kebudayaan dan pendidikan, namun dalam kegiatan Haul Pejuang Geger Cilegon ini diserahkan kepada umum Kabag Kesra Kota Cilegon," ujarnya.

Lebih dari Rahmatullah menjelaskan, diacara tersebut intinya kita bertawassul terhadap para pejuang Kota Cilegon khususnya dan juga kepada para auli syekh," ungkapnya 

Sementara itu Helldy Agustian Wali Kota Cilegon mengajak kepada seluruh masyarakat Cilegon untuk mengetahui sejarah khususnya para pejuang Geger Cilegon 1 Juli 1888.

"Dengan adanya kegiatan doa bersama yang dirangkaikan dengan Haul Pejuang Geger Cilegon mudah mudahan semua hajat kita diijabah oleh Allah SWT," tutup Helldy.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network