Kader Posyandu Cilegon Wakili Banten di Kancah Nasional, Dinkes Inovatif dan Bangga

Mad Sari
Kadis Dinkes Cilegon, drg. Ratiih Purnamasari (kanan), Siti Rogayati, Kader Posyandu (tengah), Kabid PM Dinkes, drg. Rully Kusumawardhani, MM (kiri).

CILEGON, iNewsBanten - Siti Rogayati, salah seorang kader posyandu Seroja Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon. Berkat inovasinya mengolah daun kelor menjadi makanan bergizi, dan berhasil mewakili provinsi Banten pada penghargaan tenaga medis, tenaga kesehatan teladan dan kader berprestasi tingkat nasional 2024, di Jakarta (12/8/2024). 

Sebagai kader posyandu, Siti Rogayati, mengaku telah melakukan inovasi "Make Turing" sehingga mengantarnya sebagai kader berprestasi hingga tingkat Kota Cilegon, Banten hingga  tingkat nasional untuk burung prestasi.

"Make Turing itu singkatan dari makan kelor untuk turunkan stunting. Inovasi lni berfokus pada pemanfaatan daun kelor sebagai bahan utama dalam berbagai makanan yang disajikan kepada anak-anak dan keluarga untuk menurunkan stunting di kelurahan Warnasari," serunya.

Sejauh ini Rogayati menanam kelor bersama masyarakat sekitar di pekarangan rumah dan lahan kosong agar saat panen mudah diakses oleh setiap keluarga. Kemudian daun kelor diolah menjadi berbagai produk makanan yang menarik dan di seluruh anak-anak seperti bubur kelor, nugghet kelor, jus kelor teh kelor dan biskuit kelor. 

"Kami juga terus mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang dan manfaat daun kelor untuk kesehatan ini dilakukan melalui penyuluhan di posyandu,  sekolah dan pertemuan warga sambil membagikan produk makanan berbasis kelor kepada keluarga yang memiliki anak beresiko stunting," jelasnya.

Setelah diberikan sosialisasi dan juga makanan berbahan olahan kelor, beserta kader lainnya melakukan monitoring secara rutin untuk melihat perkembangan anak dan memastikan mereka mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur. 

"Alhamdulillah stunting di Warnasari turun dari sebelumnya 35 menjadi 18 anak," ujarnya.

Camat Citangkil, ikhlasinnufus mendukung Siti Rogayati sebagai kader berprestasi tingkat nasional 2024. Dia berharap prestasi tersebut dapat mengharumkan nama citangkil.

Lebih lanjut, Camat Citangkil mengaku bangga sekaligus mendukung Siti Rogayati sebagai kader berprestasi tingkat nasional 2024. Dia berharap prestasi tersebut dapat mengharumkan nama Citangkil dan Cilegon. 

"Semoga apa yang dilakukan juga lainnya untuk terus berinovasi dan meraih prestasi," katanya.

Hal ini juga diungkapkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari. Ia juga mendukung penuh Apa yang dilakukan Siti Rogayati yang mendapatkan kesempatan untuk tampil tingkat nasional sebagai kader berprestasi.

"Ini luar biasa kami bisa juga ini mendapat pengakuan dari kementerian kesehatan berprestasi tingkat nasional 2024 maupun internasional semua lancar dan tetap sehat hingga akhir membawa Cilegon dan ketika nasional," katanya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Masyarakat (PM) Dinkes Kota Cilegon, Drg Rully Kusumawardhany ,MM yang melakukan pembinaan pada kader termasuk pada Siti Rogayati terkait memberikan pengetahuan tentang bahan makanan bergizi yang dapat meningkatkan status gizi anak yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar.

"Bisa ditanam sendiri atau dibeli dengan harga terjangkau dengan cara pengolahan yang mudah atau yang bisa dilakukan oleh semua orang, salah satunya adalah tumbuhan kelor yang diolah adalah daunnya sebagai sumber protein nabati," imbuh singkatnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network