Panwascam Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 di SMKN Anyer Bentuk dari Pendidikan Politik

Chaerul
Panwascam Kecamatan Anyar Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 Di SMKN 1 ANYAR Bentuk Dari Pendidikan Politik Di Lingkungan Sekolah (foto istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Pemilihan kepala daerah adalah momen penting dalam agenda politik suatu daerah. Untuk memastikan proses pilkada berlangsung dengan baik, panitia pengawas kecamatan (panwascam) memiliki peran krusial dalam pemutakhiran data pemilih. Salah satu tahapan penting dalam proses ini adalah melakukan sosialisasi ke pemilih potensial, di lingkungan sekolah SMKN 1 Anyar, Kamis (05/09/2024).

Pemutakhiran data pemilih dilakukan secara massif untuk memastikan seluruh pemilih terdaftar dengan benar. Dalam konteks pemilihan kepala daerah tahun 2024, penting untuk memastikan pemilih baru yang berusia 17 tahun dapat terdaftar sehingga dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi.Mereka merupakan pemilih potensial yang akan turut serta dalam menentukan arah kepemimpinan di daerah mereka.

Panwascam Kecamatan Anyar melakukan kegiatan sosialisasi ke sekolah SMKN 1 Anyar guna mengedukasi pemilih potensial. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik kepada siswa-siswi mengenai pentingnya hak suara dan peran mereka dalam menentukan masa depan daerah mereka.

Selain sosialisasi kepada siswa, panwascam Kecamatan Anyar juga memberikan imbauan kepada dewan guru, termasuk ASN, untuk menjaga netralitas dalam pilkada. Hal ini bertujuan untuk memastikan proses pilkada berlangsung dengan baik, adil, dan berkualitas.

Wakil kepala sekolah SMKN 1 Anyer, Bahru memberikan respon positif terhadap kegiatan panwascam Kecamatan Anyar," kami apresiasi dan mendukung partisipasi siswa dalam menentukan kepala daerah sesuai dengan pilihan hati mereka yang sudah memiliki hak pilih di pilkada tahun ini dan ini bagian dari sarana edukasi pihak Panwascam Kecamatan Anyar datang ke sekolah kami".

"Khususnya pemilih muda, akan mempertimbangkan visi misi program calon pemimpin sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan pilihan. Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi aktif generasi muda sangat berdampak dalam arah kebijakan pemerintahan setempat," ujarnya.

Ketua Panwascam Kecamatan Anyar Asep Khoirul Umam dalam penyampaiannya di hadapan para siswa SMKN 1 Anyar ,"Edukasi politik di lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman pemilih muda tentang proses demokrasi dan pentingnya hak suara. Hal ini akan membantu menumbuhkan kesadaran partisipasi politik di kalangan anak muda".

Lanjutnya," Partisipasi pemilih muda memegang peranan penting dalam menentukan arah kepemimpinan daerah melalui pilkada 2024. Melalui pendidikan politik, sosialisasi, dan edukasi, diharapkan generasi muda dapat turut serta dalam meningkatkan kualitas pilkada menuju pemerintahan yang lebih baik," pungkasnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network