Pendaftaran Program Beasiswa Full Sarjana Kembali Dibuka, untuk PTN dan Luar Negeri

Chaerul /tim iNews
Foto Chaerul (iNewsBanten)

CILEGON, iNewsBanten - Pemkot Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) kembali membuka 1.000 kuota beasiswa full sarjana, Selasa (20/9/2024).

Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila menjelaskan, untuk termin ini pendaftaran di khususkan untuk jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia dan kampus luar negeri.

"Sedangkan untuk kampus swasta yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Cilegon akan dibuka setelah ini," jelas Heni, Kota Cilegon, Selasa, 17 September 2024.

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bahwa sampai 2025 pihaknya ditargetkan untuk menyalurkan beasiswa full sarjana sebanyak 5.000 kuota sebagai salah satu program prioritas daerah.

"Dengan bertambahnya 1.000 kuota beasiswa full sarjana pada tahun ini, berarti akan ada 4.000 beasiswa yang diberikan Pemkot Cilegon pada tahun ini dan Insya Allah sisanya 1.000 beasiswa lagi akan dituntaskan pada tahun depan," kata Heni.

Dijelaskan Heni, program beasiswa full sarjana tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa asal Kota Cilegon yang berprestasi dan atau dari keluarga kurang mampu.

“Syaratnya mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi. Jadi, kalau tidak mampu dibuktikan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) atau masuk keluarga harapan. Berprestasi dibuktikan dengan keikutsertaan lomba juara lomba 1,2,3 tingkat kota, provinsi dan nasional,” jelasnya.

Menurut Heni, para calon mahasiswa dan mahasiswa yang mendapat beasiswa akan diberikan bantuan dalam membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan maksimal biaya sebesar Rp3 juta selama delapan semester.

Selain itu, ada juga syarat adminisrasi seperti memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK) Kota Cilegon, Ijazah SMA sederajat bagi lulusan 2024, 2023, 2022; surat keterangan penghasilan atau slip gaji orang tua yang ditandatangi dan distempel oleh RT dan RW. Untuk lebih lengkapnya bisa klik aplikasi https://sicerdas.cilegon.go.id.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa beasiswa full sarjana diberikan sebagai bentuk komitmennya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Cilegon menjadi lebih baik. "Ini juga selaras dengan program pemerintah pusat dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045," katanya

Oleh karen tu, Helldy berharap kesempatan beasiswa full sarjana ini dapat dimanfaatkan seluas-luasnya buat masyarakat Kota Cilegon sehingga kuota yang ada dapat terpenuhi sesuai target RPJMD.

"Program beasiswa full sarjana ini diharapkan bisa meningkatkan SDM masyarakat Kota Cilegon sehingga dengan demikian dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) masyarakat Kota Cilegon juga dapat meningkat," tutupnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network