get app
inews
Aa Read Next : Warga Jombang Digegerkan Temuan Mayat di Tempat Sampah, Kanit Reskrim Polsek Cilegon Cek TKP

Masih Ingat dengan Ponari Si Dukun Cilik Sembuhkan Orang dengan Batu, Begini Kehidupannya Sekarang

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:21 WIB
header img
Ponari (kanan) si dukun cilik yang terkenal bisa menyembuhkan orang dengan batu petir. (Foto: YouTube)

JOMBANG, iNewsBanten - Nama Ponari si dukun cilik asal Jombang, Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pada 2009, namanya sempat heboh karena dia dapat menyembuhkan orang sakit dengan batu yang dimilikinya.

Cara Ponari menyembuhkan orang sakit ini cukup unik, yakni dengan mencelupkan batu petir ke air minum yang dibawa oleh masing-masing pasien. Batu tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

13 tahun berlalu, bagaimana yah kabar Ponari saat ini? Pemilik YouTube Ric snt, berkesempatan untuk berkunjung ke rumah Ponari di Jombang. Kini Ponari sudah tumbuh dewasa.

Pada 2019 lalu, Ponari mempersunting kekasihnya, Aminatuz Zuroh. Dari pernikahannya itu, Ponari sudah memiliki seorang anak perempuan.

Dalam momen itu, Ponari pun menceritakan kembali awal mula dirinya sampai terkenal dan disebut sebagai dukun cilik. Kala itu, saat desanya dilanda hujan dan petir, Ponari menemukan batu ajaib. Karena batu itu, dia bisa menyembuhkan orang sakit.

Kabar kesaktian Ponari pun cepat menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Banyak orang berbondong-bondong datang ke rumahnya di Dusun Kedungsari, Desa Balungsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur untuk berobat.

"Ada yang dari Singapura datang untuk berobat. Orang-orang dari Papua juga ada. Mereka datang karena kemauan sendiri. Mereka percaya hal itu," tuturnya seperti dikutip wartawan pada Kamis (30/6/2022).

Saat dirinya masih kecil, Ponari mengaku kaget melihat banyak orang datang ke rumahnya. Namun lama kelamaan dia sudah mulai terbiasa. Ponari mengungkapkan banyak penghasilan yang didapat dari hasil mengobati orang sakit.

"Sehari pernah dapat lebih dari Rp100 juta. Uang hasil mengobati orang bisa buat bangun rumah. Dulu juga ada yang mau beli batu petir saya, mereka ingin membeli Rp1 miliar. Tapi enggak saya jual. Ada juga yang mau kasih saya rumah di Jakarta, tapi karena saya enggak ngerti jadi saya enggak mau," tuturnya.

Ponari menceritakan, pamornya menurun pada 2011. Dan saat sudah dewasa, Ponari bekerja di pabrik dan hanya diberi upah Rp23.000.

"Saya kerja borongan juga, bersihin kotoran ayam di triplek. Dibayar Rp23.000," tuturnya.

Saat ini, Ponari juga sudah mulai merambah ke dunia stand up comedy. Komika Firman Singa yang mengajari langsung Ponari untuk stand up comedy.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut