get app
inews
Aa Read Next : Kesaktian Kyai Cokro, Pusaka Andalan Pangeran Diponegoro Simbol Melawan Kebatilan dan Kezaliman

Kisah Inspiratif Murali Divi, Dulu Pernah Gagal Ujian Kini Berharta Rp111 Triliun

Minggu, 23 Oktober 2022 | 01:33 WIB
header img
Kisah sukses salah satu orang terkaya di India, Murali Divi dilalui dengan cara yang tidak mudah. Kini hartanya mencapai Rp111 triliun. (Foto: Forbes India)

NEW DELHI, iNews Banten -  Kisah inspiratif salah satu orang terkaya di India Murali Divi dilalui dengan cara yang tidak mudah. Pria berusia 70 tahun ini berasal dari keluarga sederhana dari kota kecil Machilipatnam di Andhra Pradesh, India. 

Menurut data Forbes, Murali Divi dan keluarga berada di urutan ke-384 orang terkaya dunia dengan kekayaan mencapai 7,8 miliar dolar AS atau setara Rp111,80 triliun. Divi berada diurutan ke-19 orang terkaya di India.

Divi dan 12 saudara kandungnya dibesarkan oleh ayah mereka yang pensiunan pejabat pemerintah dengan uang pensiun 10.000 Rupee atau setara Rp1,9 juta per bulan. Divi tidak pernah menyadari tekanan keuangan pada keluarga sampai dia gagal dua kali dalam ujian menengahnya.

Divi pernah menyebut bagaimana dia tulus dalam belajar tetapi persiapannya terbatas pada hafalan karena kemampuan bahasa Inggris yang lemah. Gagal di tahun pertama kelulusan membuatnya menyadari bahwa dia harus lebih bertanggung jawab dalam hidup. 

Untuk membantu meringankan keuangan keluarganya, Divi memutuskan untuk belajar lebih giat dan menjadi lebih baik. Dari tidak tahu bahasa Inggris, ia mengantongi kesempatan untuk bekerja di Amerika Serikat (AS).

Pada awal meniti karir, Divi ingin menjadi ahli kimia seperti kakak laki-lakinya. Namun, nasib berkata lain dan dia menjadi miliarder dengan mendapatkan green card dan pindah ke AS pada tahun 1976, untuk memulai karirnya sebagai seorang apoteker. 

Dia bekerja di AS dengan perusahaan yang berbeda naik untuk mendapatkan 65.000 dolar AS setahun. Namun, kerinduan dan panggilan dari ibu pertiwi membawa Murali Divi kembali ke India

Kembali ke India, Divi tidak memiliki rencana konkrit seperti apa masa depannya. Titik balik lainnya datang ketika dia bergabung dengan perusahaan farmasi baru Dr Reddy's Labs pada tahun 1984. Enam tahun kemudian, Divi membuat perusahaan farmasinya sendiri atau tepatnya pada tahun 1990, Divi's Laboratories.

23 tahun setelah mendirikan Divi's Labs, Divi menjadi miliarder pada 2013. Pada 2018-19, ia menjadi eksekutif farmasi dengan bayaran tertinggi di India. Nilai saham Divi's Labs telah tumbuh lebih dari 400 persen dalam tiga tahun terakhir. 

Di bawah Atma-Nirbhar Abhiyan dan dengan dukungan untuk produk Make in India, Divi's Labs tumbuh semakin kuat, tumbuh pesat seiring kebutuhan produk farmasi yang melonjak di tengah pandemi COVID-19.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut