get app
inews
Aa Read Next : 3 Pahlawan Perempuan Berhijab yang Tak Kenal Lelah dan Takut, Ada Rasuna Said!

Parah, Para Napi Pria Leluasa Perkosa Puluhan Tahanan Wanita di Penjara

Jum'at, 29 Juli 2022 | 20:56 WIB
header img
Puluhan napi perempuan di LP Clark County, AS, diperkosa para napi pria (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNewsBanten - Pengakuan mengejutkan disampaikan puluhan narapidana perempuan di penjara Clark County Negara Bagian Indiana, Amerika Serikat (AS). Mereka mengaku diperkosa puluhan napi pria atas sepengetahuan sipir.

Sekelompok napi terdiri atas 28 perempuan mengklaim ada sipir yang disuap 1.000 dolar AS untuk memberi akses kepada puluhan napi pria masuk ke sayap penjara perempuan. Menurut para perempuan itu, puluhan pria melakukan pelecehan dan pemerkosaan massal.

Mereka melaporkan Sheriff Sheriff Clark County Jamey Noel, sipir lembaga pemasyarakatan David Lowe, serta seorang staf penjara yang tidak disebutkan identitasnya. Lowe dan seorang staf dituduh menjual kunci blok perempuan kepada para napi pria.

Peristiwa itu terjadi pada 24 Oktober 2021 malam. Puluhan napi pria bisa mengakses sayap penjara perempuan menggunakan kunci yang diberikan Lowe. Para pelaku datang dengan wajah tertutup dan mengancam akan melukai para napi perempuan jika memencet tombol darurat.

Lowe pernah terlibat kejahatan penjara sebelumnya. Dia didakwa atas tuduhan perdagangan manusia bersama seorang napi dan membantu pelarian. Sidangnya akan digelar pada November mendatang.

 Sementara itu Noel dituntut dalam kapasitasnya sebagai pribadi dan profesional.

"Sebagai penyebab langsung dan dekat dari tindakan pelaku, (para napi perempuan) menderita luka fisik maupun psikologis yang mengerikan. Hebatnya, (ini terjadi) meskipun ada kamera CCTV di lokasi yang menunjukkan napi pria mengakses blok perempuan," demikian isi gugatan, seperti dikutip dari The Sun, Kamis (28/7/2022).

Disebutkan pula, meskipun insiden tersebut melibatkan banyak napi pria serta ada puluhan korban serta berlangsung dalam waktu lama, tidak seorang pun petugas yang berjaga malam itu menolong para penggugat serta korban lainnya.

Sementara itu Kantor Sheriff Clark County mengakui adanya petugas yang terlibat. Insiden itu merupakan hasil dari perbuatan kriminal petugas lembaga pemasyarakatan yang nakal.

"Individu yang bersangkutan memutuskan untuk mengabaikan (hasil) pelatihan, etika, dan moral, dan membuat keputusan sepihak untuk menggadaikan karier dan masa depannya dengan memberikan akses bagi para napi untuk mendapatkan kunci penjara," bunyi pernyataan.

Departemen Sheriff Clark County menggelar penyelidikan setelah insiden tersebut dengan memeriksa rekaman CCTV serta menginterogasi semua napi pria, sipir, dan 40 napi perempuan.

Lembaga Pemasyarakatan Clark County sempat muncul di acara reality show A&E pada 2016 berjudul 60 Days. Acara ini mencari orang yang secara sukarela mau menjadi napi.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut