get app
inews
Aa Read Next : Anak Muda Cilegon Allout Menangkan Andra Soni Solusi untuk Banten Lebih Maju

Sandiaga Uno Kemenkraf Kunjungi Desa Wisata di Manado

Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:24 WIB
header img
Sandiaga Uno Kemenkraf Kunjungi Desa Wisata di Manado, (doc, Istimewa)

MANADO, iNewsBanten - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri membeli topi untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia membelinya saat berkunjung ke Desa Wisata Budo di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Desa ini masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Saat itu, Menparekraf singgah di salah satu tempat yang menjual kerajinan tangan dari anyaman bambu. Dia lalu mencoba salah satu topi yang dijual seorang perajin.

"Topinya saya beli buat Pak Ridwan Kamil, kayaknya cocok. Kita oleh-olehin Pak Ridwan Kamil, beliau suka pake ini," ujar Sandiaga Uno, Sabtu (30/7/2022).

Topi tersebut kemudian dibeli seharga Rp150.000. Sambil mencobanya, dia kemudian berharap agar topi itu bisa dipakai Kang Emil-sapaan akrab Gubernur Jabar tersebut.

"Kita belikan oleh-oleh dari Desa Budo, mudah-mudahan bisa dipakai nanti," katanya.

Diketahui, Desa Budo masuk ke dalam 50 besar desa terbaik ADWI 2022 yang mendapat pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf selama setahun ke depan. 

Seperti halnya desa wisata yang lain, destinasi wisata di desa itu telah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022 yang terdiri atas tujuh kategori. Pertama daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), kemudian Suvenir (kuliner, fesyen dan kriya), lalu homestay, toilet umum, 5digital dan kreatif, Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE) dan terakhir ada kelembagaan desa.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut