get app
inews
Aa Read Next : Layar Hp Kamu Bergaris? Ini 3 Cara Mengatasinya Gratis dan Mudah!

Cara Mengatasi Touchscreen Error di Ponsel Android

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:18 WIB
header img
Cara Mengatasi Touchscreen Error di Ponsel Android  (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNewsBanten- Smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan panel touchscreen, jadi jika tidak berfungsi akan menjadi masalah besar. Ketahui cara mengatasi touch screen error di ponsel Android berikut ini untuk menyelesaikan masalah.  

Layar touchscreen membantu pengguna dengan mudah menavigasi dan menggunakan perangkat mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, layar touchscreen menjadi usah dan tidak responsif.  

Masalah layar sentuh timbul baik karena software atau hardware. Jika masalah layar sentuh ini dialami Anda, jangan panik terlebih dulu. Karena, ada beberapa opsi yang dapat kamu coba.  

Cara Mengatasi Touchscreen Error di Ponsel Android 

1. Reboot Ponsel

Touch screen terkadang dapat berperilaku tidak responsif karena adanya bug kecil atau kesalahan. Dalam kondisi seperti ini coba reboot ponsel untuk memperbaiki masalah layar sentuh Anda, sebagaimana dikutip dari Gadget Stouse.  

2. Cek Touch Screen untuk Dead Pixel

Terkadang karena penggunaan perangkat yang berlebihan, layar sentuh menjadi tidak responsif. Ketidaktanggapan ini muncul karena adanya piksel mati yang berhenti berfungsi sebagaimana mestinya.  

Dalam situasi ini, itu bisa menjadi masalah hardware atau software. Jika masalah software, Anda dapat mengkalibrasii dan memperbaiki piksel mati ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut sebagai Touchscreen Dead Pixels Repairs. 

3. Analis dan Perbaiki Touchscreen Response

Pernahkah Anda memerhatikan layar sentuh ponnsel lambat? Apakah terlalu lama untuk menanggapi poin kontak Anda?? Kemudian, itu mungkin karena kesalahan software.  

Situasi seperti itu dapat dengan mudah diperbaiki dengan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Tuchscreen Repair Apps. 

4. Kalibrasi Performa Touchscreen

Terkadang touchscreen unresponsive karena menginstal pembaruan  software yang bermasalah. Situasi ini dapat diperbaiki dengan mengonfigurasi ulang layar sentuh perangkat untuk mendeteksi gerakan dan tap. 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut