get app
inews
Aa
Read Next : Kulit Merah dan Gatal, Apakah Anda Terkena Kutu Busuk?Kenali Gejalanya

Ini Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan, Jangan Digaruk Fatal Akibatnya

Minggu, 24 Maret 2024 | 23:47 WIB
header img
Ilustrasi Gatal pada selangkangan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten- Merasakan gatal di bagian selangkangan pastinya sangat menganggu dan tidak nyaman. Biasanya rasa gatal muncul saat Anda mengenakan celana ketat. Namun hati-hati, cara mengatasi gatal pada selangkangan bukan langsung digaruk loh. 

Perlu diketahui gatal pada selangakan karena terlalu lama memakai celana ketat bisa menimbulkan infeksi jamur atau bakteri. Menurut WebMD bakteri atau jamur di bagian selangkangan suka hidup di tempat hangat dan lembab di tubuh. Bukan hanya ditemukan di selangkangan, gatal pun kerap terjadi di paha bagian dalam, atau anus. 

Lantas bagaimana cara mengatasi gatal pada selangkangan? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber. 

Mengingat gatal di selangkangan karena infeksi jamur wajib untuk menjaga kebersihan area genital. Sebab rasa gatal yang timbul bisa berangsur lama, jika tak diatasi dengan cepat dan tidak disarankan untuk digaruk.

"Menggaruk gatal selangkangan dapat merusak kulit, memungkinkan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi yang lebih serius. Selain itu, menggaruk gatal selangkangan dapat menyebarkan infeksi jamur ke kulit di jari-jari dan meninggalkan jamur di permukaan yang Anda sentuh," keterangan Verywell, dikutip Kamis (1/9/2022) 

Langkah selanjutnya selalu jaga agar area selangkangan tetap bersih dan kering. Lakukan langkah-langkah ini untuk mengatasinya agar penyembuhan lebih cepat: 

Cuci area tersebut lalu keringkan menggunakan handuk bersih.

Gunakan handuk yang berbeda di seluruh tubuh Anda.

Biarkan selangkangan benar-benar kering setelah mandi, sebelum mengenakan pakaian dalam dan pakaian.

Baca label obat, dan oleskan obat sesuai petunjuk.

Gunakan selama yang direkomendasikan, infeksi dapat kembali jika Anda berhenti lebih cepat.

Jangan memakai pakaian dan pakaian dalam yang ketat. Mereka dapat menggosok dan menggores kulit dan membuat lebih rentan terkena gatal-gatal. 

Perlu diperhatikan jika kondisi kulit yang gatal di area selangkangan tak kunjung sembuh dalam waktu seminggu, dianjurkan melakukan pemeriksaan ke dokter.

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut