get app
inews
Aa Read Next : Cegah Obesitas! Yuk Coba Olahraga ini, Agar Berat Badan Tetap Ideal dan Sehat

Batuk Kering dan Berdahak, ada 15 Cara Pengobatan Secara Alami

Sabtu, 27 April 2024 | 06:55 WIB
header img
15 Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami

SERANG, iNewsBanten - ketika cuaca sedang tidak menentu, biasanya maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Salah satunya mungkin jadi mudah batuk, baik itu batuk kering atau batuk berdahak.

Saat batuk melanda, tenggorokan dan dada terasa sakit. Hingga suara bisa berubah, bahkan hilang akibat adanya hal yang tak beres dalam tenggorokan. Cara mengobati batuk ini, bisa dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.

Apa saja? Menghimpun berbagai sumber, berikut ini 15 cara mengobati batuk kering dan berdahak secara alami.

1. Minum jeruk nipis dan kecap:

Cara alami yang sudah sangat umum dan populer sejak dulu untuk mengobati batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis, mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk. Sehingga memberikan sensasi lega pada tenggorokan.

2. Minum jahe campur madu:

Selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk secara alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan yang sedang tidak baik-baik saja. Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Manfaatkan cuka apel:

Bukan hanya buat bersih-bersih, cuka apel bisa dimanfaatkan jadi bahan alami untuk menyembuhkan batuk atau juga flu, karena mengandung zat antibakteri, disebut dengan asam asetik yang mampu memecah gumpalan lendir serta mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

4. Konsumsi kencur:

Kencur punya kandungan atsiri yang mampu membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega, seperti yang ada pada jeruk nipis. Selain itu, kandungan dalam kencur juga dapat mengatur otot pada saluran pernapasan dan memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe.

5. Makan almond:

Kacang almond bisa dijadikan sebagai obat batuk alami loh! Jenis kacang-kacangan. Anda bisa mengonsumsi kacang almond yang sudah diolah, yakni dengan cara dipanggang.

6. Makan nanas:

Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga memecah dahak yang menggumpal , di bagian tenggorokan dan paru-paru. Tapi hindari dikonsumsi dengan obat antibiotik, karena enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

7. Anggur:

Anggur juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk. Sifat ekspektoran pada buah satu ini mampu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan.

8. Gunakan bawang merah dan putih:

Ini sebagai cara untuk hilangkan batuk kering, keduanya mengandung phytochemical serta sifat anti bakteri yang dapat meredakan gejala-gejala batuk kering dengan ampuh.

9. Kunyit:

Di dalamnya mengandung minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan sistem pernapasan, bisa sebagai obat batuk alami. Kandungan kurkumin pada kunyit ini juga efektif membunuh bakteri yang bisa jadi penyebab batuk.

10. Makan belimbing wuluh:

Meskipun rasanya sangatlah asam, tapi belimbing wuluh dipercaya sebagai obat batuk alami yang ampuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan di dalamnya, yaitu mengandung anti radang.

11. Konsumsi daun jintan:

Tak hanya bisa dijadikan obat batuk alami, kandungan daun jintan juga diketahui mampu mengatasi masalah sesak napas.

12. Buat jus mengkudu:

Buah ini sempat viral karena sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari mengkudu, yaitu bisa dijadikan obat batuk alami. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara di jus dan diambil sarinya.

13. Yogurt:

Batuk bisa terjadi salah satunya karena adanya kuman yang menyerang tubuh. Di mana saat sistem daya tahan sedang lemah. Salah satu obat alami untuk mengobatinya, yakni dengan mengonsumsi yogurt. Susu yang sudah difermentasi ini memiliki probiotik atau bakteri baik, mampu melawan bakteri-bakteri jahat yang mengganggu tenggorokan.

14. Minum jus wortel:

Kandungan antioksidan di dalam wortel membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Oleh karena itu, kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, wortel mampu mengobati batuk secara alami.

15. Tenggak air mineral hangat:

Pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh, dapat dihambat dengan rajin minum air hangat. Selain itu, minum air hangat membantu tenggorokan akan menjadi lebih terasa lega dan nyaman. Minum air putih hangat bisa jadi pertolongan pertama Anda saat batuk menyerang.

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut