get app
inews
Aa Read Next : 43 Orang Warga Sleman Suspect Antraks! Satu Orang Dilaporkan Dinkes Meninggal Dunia

Polisi Tangkap Oknum Kades, Diduga Pungli BLT BBM

Jum'at, 23 September 2022 | 14:29 WIB
header img
Oknum Kades dan perangkat Desa diamankan polisi (foto Ilustrasi -)

LAMPUNG, iNewsBanten - Oknum kepala desa (kades) dan lima anak buahnya, di Kecamatan Kotabumi, Lampung diamankan polisi lantaran diduga melakukan pungli Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) ke warganya.

Kasat Reskrim Polres Lampung Utara AKP Eko Rendi Oktama mengatakan, pria berinisial HM itu merupakan Kades Karang Agung, Kecamatan Kotabumi Selatan. Dia dan sekretaris serta empat aparatur desa sedang berada di kantor polis.

"Mereka diduga melakukan pungli terhadap warga yang mendapatkan BLT BBM dan sembako," kata Eko Rendi, Jumat (16/9/2022).

Dia menambahkan, oknum kades berinisial HM dan sekretarisnya berinisal RM serta empat aparatur desa lainnya diamankan ke Polres Lampung Utara, Kamis (15/9/2022).

"Nilai pungli antara Rp20.000 hingga Rp50.000 per penerima. Jadi, kita sedang dalami apakah kasus ini masuk ke dalam pungli ataukah masuk ke ranah pemerasan," kata dia.

Sementara, Camat Kotabumi Selatan, Dedi Nurman membenarkan bahwa kades dan sekdes serta aparatur Desa Karang Agung diamankan polisi.

Camat Kotabumi Selatan merasa kecewa dan perihatin dengan kades berserta apatur desanya. Seharusnya hal itu tidak dilakukan karena bantuan BLT BBM dan sembako yang diberikan pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat.

"Apabila masih ada yang melakukan pungli maka akan berurusan dengan aparat penegak hukum," kata dia.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut