Logo Network
Network

Kulit Merah dan Gatal, Apakah Anda Terkena Kutu Busuk?Kenali Gejalanya

Cita Zenitha
.
Rabu, 24 Januari 2024 | 06:44 WIB
Kulit Merah dan Gatal, Apakah Anda Terkena Kutu Busuk?Kenali Gejalanya
Ilustrasi Gatal Kena Kutu Busuk

SERANG, iNewsBanten - Hewan jenis Kutu busuk merupakan serangga kecil tidak bersayap yang hidup di pinggiran kasur, pegas kasur dan barang-barang lain yang ada di tempat tidur. Serangga ini bertahan dari menghisap darah inangnya.

Namun pada beberapa kondisi gigitan itu justru menimbulkan alergi kulit yang parah pada sebagian orang.

Ciri-ciri kutu busuk yang belum banyak orang ketahui meliputi tubuh sebesar biji apel, berwarna coklat lonjong dan hidup dari menghisap darah manusia atau hewan yang dihinggapinya.

Walau tidak dapat terbang, serangga kecil ini dapat bergerak sangat cepat. Kutu busuk betina dapat bertelur hingga ratusan seumur hidupnya. Tubuh yang rata dan pipih memungkinkan mereka untuk menyelinap di balik kasur atau koper. Untuk itu jika mendapati satu saja serangga ini anda harus segera membasminya.

Gejala bedbugs ini yakni  beberapa tubuh  orang bisa langsung bereaksi jika terkena gigitan kutu busuk. Namun, beberapa mungkin tidak bereaksi dan tidak menimbulkan gejala. 

Seperti gatal-gatal pada tubuh disertai dengan bintik-bintik merah, bintik-bintik merah biasanya terdapat di wajah, lengan, leher hingga kaki.

Terdapat bintik-bintik darah kehitaman pada sekitar tempat tidur atau sofa, lalu menimbulkan aroma tidak sedap serta reaksi alergi

Kutu busuk dapat hidup ditempat bersih sekali pun bahkan jika tidak mendapatkan makanan mereka dapat hidup selama satu tahun. Selain bergerak dengan cepat mereka juga dapat melompat untuk mencari tempat tinggal.

Penyebaran kutu busuk dapat melalui tempat-tempat yang ramai seperti tempat penginapan dan taman bermain. Selain itu kasur yang jarang dijemur juga menjadi sarang tinggalnya kutu busuk.

Faktor risiko seseorang dapat terkena gigitan kutu busuk setelah mengunjungi tempat yang banyak dikunjungi orang atau tempat penginapan.

Berikut adalah pencegahan untuk mengantisipasi gigitan kutu busuk dan mengantisipasi kutu busuk hinggap:

- Menjemur kasur dan mengganti sprei secara rutin

-Gantung pakaian yang telah dikenakan dan jangan menumpuknya

-Tidur menggunakan piyama lengan panjang

-Biasanya untuk menaruh barang-barang dari luar diatas meja dan bukan diatas tempat tidur

-Bersihkan tempat tidur, sofa, gorden dan boneka secara rutin bahkan jika diperlukan gunakan vakum.

Demikian informasi kesehatan mengenai badbugs atau kutu busuk. Semoga membantu.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News

Bagikan Artikel Ini