get app
inews
Aa Read Next : Tempe Makanan Tradisional Terenak di Dunia Asli Indonesia

Berikut Penjelasan Syarat Monetisasi TikTok 2023 yang Dipenuhi sebelum Terima Penghasilan

Senin, 19 Juni 2023 | 22:12 WIB
header img
Syarat monetisasi TikTok 2023 untuk pengguna di Indonesia  hampir mirip dengan tahun sebelumnya (foto: Istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Syarat monetisasi TikTok  2023 untuk pengguna di Indonesia  hampir mirip dengan tahun sebelumnya. Namun perlu diketahui bahwa syarat yang ditetapkan akan berbeda-beda, tergantung pada fitur yang digunakan.

Setelah memenuhi syarat, pengguna bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan dari TikTok. Adapun sederet syarat yang dimaksud adalah sebagai berikut.

 

Syarat monetisasi TikTok 2023

1.Melalui video yang diunggah

Pengguna bisa mendapatkan gift hanya dari video yang diunggah. Gift itu diberikan sebagai bentuk apresiasi pengguna terhadap kreator yang membuat video.

Namun sebelum mengaktifkan fitur gift, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah syarat mendapatkan gift dari video yang di-upload.

-Pemilik akun berumur 18 tahun ke atas.

-Akun TikTok mempunyai setidaknya 100.000 pengikut.

Selain dari gift, pengguna sebenarnya juga bisa mendapatkan tips atas konten yang dibuat. Sayangnya, fitur tips hanya bisa diaktifkan oleh kreator yang berbasis di Amerika Serikat.

2.Melalui live streaming

Seperti platform media sosial lain, TikTok juga memiliki fitur live streaming. Fungsinya agar seseorang bisa melakukan siaran langsung dan menyapa pengikutnya.

Saat melakukan live streaming, pengguna bisa menerima gift dari pemirsa. Gift ini nantinya bisa ditukar dengan koin lalu dicairkan menjadi uang tunai.

Nominal gift sendiri tidak sama atau berbeda-beda tergantung karakter. Namun gift paling mahal di TikTok bisa mencapai Rp8 juta.

Namun melakukan live streaming, TikTok menerapkan syarat tertentu kepada penggunanya. Adapun syarat tersebut adalah sebagai berikut.

3.Melalui endorsement

Kreator yang sukses biasanya akan dilirik oleh sejumlah brand untuk mempromosikan produknya. Setelahnya, kreator tersebut akan menerima komisi dari brand yang mengajaknya berkolaborasi.

Menariknya, tidak ada syarat khusus bagi kreator TikTok untuk dapat menerima tawaran endorsement. Namun perlu diketahui, brand pasti hanya akan menggandeng kreator yang dianggap memiliki jumlah pengikut yang besar dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaannya.

Itulah beberapa syarat monetisasi TikTok 2023 yang patut untuk diketahui. Namun sebelum mencapai syarat yang berlaku, pengguna harus terlebih dahulu menentukan profil hingga tema video yang akan dibuat menarik followers.

Artikel ini sudah tayang di iNews.id 

https://www.inews.id/techno/internet/syarat-monetisasi-tiktok-2023-ini-harus-dipenuhi-sebelum-terima-penghasilan-simak-penjelasannya-di-sini

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut