get app
inews
Aa Read Next : Para Ulama dan Santri Gelar Aksi Damai Didepan Pabrik Miras Cikande Serang, Swipping Bukan Ranahnya

Danau Situ Terate Kecamatan Cikande Diduga Tercemar Limbah, DLH Kabupaten Serang Ambil Sampel Air

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:05 WIB
header img
DLH Kabupaten Serang ambil sampel air diduga tercemar limbah industri.

SERANG, iNewsBanten - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang survey kondisi danau Situ Terate, Desa Situ terate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Kamis (18/1/2023).

Petugas Pengendalian Dampak Lingkungan dari DLH Kabupaten Serang datang untuk mengambil sampel air danau Situ Terate. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas dugaan pencemaran limbah di lingkungan danau Situ Terate.

Sementara itu, Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Muda DLH Kabupaten Serang, Muas Zulhak kepada iNewsBanten mengatakan pihaknya melakukan pemantauan proses air dan mengambil sampel air danau Situ Terate di tiga titik. Hal ini bertujuan untuk mengetahui parameter dugaan-dugaan yang sudah mencemari danau tersebut.

“Kami mengambil sampel air di tiga titik yang berbeda dari danau Situ Terate, selain itu kami juga mengukur parameter lain seperti kandungan PH, BOD dan COD atau kadar oksigen dalam air,” kata Muas.

Sebelumnya DLH Kabupaten Serang mendapatkan laporan bahwa ratusan ikan berbagai jenis yang berada di danau Situ Terate mendadak mati. Matinya ikan di kawasan tersebut terjadi sejak sepekan ini, dengan ciri ciri perubahan warna air danau yang menjadi kehijauan dan berbusa.

Masyarakat sekitar menduga perubahan itu akibatkan pencemaran limbah pabrik yang mengalir dan masuk ke area danau. Jika terbukti dari hasil penelitian bahwa danau Situ Terate tercemar limbah dari pabrik sekitar, "pihak DLH Kabupaten Serang akan menindaklanjuti kembali langkah selanjutnya,"pungkas Muas.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut