get app
inews
Aa Read Next : Asep Muzayin Lurah Kebonsari: Masyarakat Jangan Pernah Melupakan Peristiwa Geger Cilegon 1888

Apa Itu Isra Miraj? Ini Pengertian, Tujuan, Ayat dan Hikmahnya

Sabtu, 18 Februari 2023 | 21:04 WIB
header img
Apa Itu Isra Miraj? Ini Pengertian, Tujuan, Ayat dan Hikmahnya

SERANG, iNewsBanten - Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam ajaran Islam. Lewat kejadian itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan ke langit ketujuh dalam waktu semalam.

Ketika peristiwa Isra Mi'raj itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berkesempatan berbicara langsung dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Lalu menerima perintah sholat untuk semua kaum Muslimin.

Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan jelas memaparkan peristiwa Isra Mi'raj dalam firman-Nya di ayat-ayat suci Alquran. Berikut ini ayat tersebut, sebagaimana terdapat dalam Alquran Digital Okezone:

1. Surat Al Isra Ayat 1

Secara umum gambaran peristiwa Isra Mi'raj tertuang jelas dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala berikut ini:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِير

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad Shallallahu alaihi wassallam) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS Al Isra (17) Ayat 1)

2. Surat An-Najm Ayat 12–18

Allah Subhanahu wa ta'ala kembali menjelaskan tentang peristiwa agung dan suci itu dalam 7 ayat di Surat An-Najm. Bahkan pada ayat 12 sampai 18 lebih memberikan detail dari Isra Miraj itu sendiri sekaligus memberikan peringatan kepada mereka yang meragukan-Nya.

أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى. عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى. عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى. إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى. مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى. لَقَدْ رَأَى مِنْ ءَايَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى

Artinya: "(12) Maka apakah kamu (musyrikin Mekah hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya? (13) Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (14) (yaitu) di Sidratil Muntaha. (15) Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (16) (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. (17) Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. (18) Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar." (QS An-Najm (53): 12–18)

Demikian penjelasan mengenai ayat-ayat Alquran tentang Isra Mi'raj. Semoga kaum Muslimin dapat mengilhami peristiwa ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa ta'ala tersebut.

Allahu a'lam bisshawab. 

Sumber:

https://muslim.okezone.com/amp/2023/02/15/614/2765200/8-ayat-alquran-tentang-isra-mi-raj-berisi-perjalanan-nabi-hingga-sidratul-muntaha?page=2

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut