get app
inews
Aa Read Next : Pengumuman! Usai Liburan Lebaran Pemerintah Berlakukan WFH 2 Hari pada Selasa dan Rabu

Pemerintah Akan Subsidi Pembelian Motor Listrik Rp 7 Juta, Penerima Ternyata Hanya Pelaku UMKM

Senin, 06 Maret 2023 | 19:32 WIB
header img
Ilustrasi motor listrik (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia yang ingin memiliki motor bertenaga listriknya, Karena Pemerintah bakal memberikan subsidi untuk kendaraan motor listrik sebesar Rp7 juta per unit mulai 20 Maret 2023.

Subsidi tersebut dialokasikan bagi 250.000 unit dengan rincian 200.000 unit untuk pembelian sepeda motor baru dan 50.000 unit untuk konversi dari sepeda motor konvensional berbahan bakar fosil menjadi sepeda motor listrik.

Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara badan Kebijakan Fiskal (BKF) Wahyu Utomo mengatakan pemberian bantuan untuk 200.000 unit motor listrik itu akan diberikan khusus untuk pelaku UMKM terutama penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) serta pelanggan listrik 450 sampai 900 VA.

Sementara sisanya, 50 ribu unit konversi dari motor konvensional ke motor listrik penerimanya tidak akan dibatasi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Maulana memastikan pihaknya siap untuk menyalurkan bantuan pemerintah untuk mendorong ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"Kami dari kementerian ESDM terkait dgn program KBLBB ini bisa kami pastikan kami siap untuk salurkan bantuan pemerintah khususnya untuk program konversi," jelasnya saat Konferensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai hari ini, Senin (6/3/2023).

Rida juga membenarkan bahwa akan ada pembagian tugas diantara pihaknya dengan Kementerian Perindustrian.

Katanya, untuk konversi melalui Kementerian ESDM sedangkan untuk yang baru dari Kementerian Perindustrian.

"Mohon izin mempertegas tujuan konversi ya kita ada amanah dari Perpres untuk mempercepat dan jauhnya kita ingin adanya ekosistem KBLBB," pungkas Rida.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://economy.okezone.com/read/2023/03/06/320/2776413/200-ribu-motor-listrik-dapat-subsidi-rp7-juta-penerima-hanya-untuk-pelaku-umkm

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut