get app
inews
Aa Read Next : Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai

Motor Anda Sering Mogok dan Susah Dihidupkan? Yuk Coba Cek 8 Komplemen ini, Mungkin Harus Diganti

Jum'at, 12 April 2024 | 03:39 WIB
header img
Ilustrasi pengapian motor (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Motor susah dinyalakan bisa dipengaruhi sejumlah faktor. Namun satu yang paling penting adalah pada proses pengapian. 

Kendaraan bermotor memiliki ruang bakar untuk mendorong adanya pergerakan pada motor untuk bisa melaju. Apabila tidak ada proses pengapian pada bagian tersebut, secara otomatis motor tidak bisa dihidupkan.

Lebih lanjut, ada sejumlah faktor yang membuat pengapian pada sepeda motor bermasalah, mulai dari situasi ringan hingga memerlukan seorang ahli untuk memperbaikinya. Berikut penyebab motor yang tidak ada pengapian seperti dibagikan Suzuki.

1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab motor tidak ada pengapian bisa disebabkan kendaraan yang kehabisan bahan bakar. Sehingga, hal inilah yang membuat pengapian tidak menyala dan motor tidak bisa berjalan.

2. Kerusakan pada Aki Motor

Masalah pengapian kendaraan yang tidak menyala dapat terjadi akibat kerusakan pada aki motor, terutama bagi Anda yang menggunakan motor injeksi. Untuk memeriksanya, harus datang ke bengkel untuk mengetahui tegangan listrik yang dikeluarkan aki tersebut.

3. Tidak Muncul Percikan pada Busi

Busi adalah salah satu komponen motor yang bisa menjadi penyebab motor tidak ada pengapian. Hal ini karena busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik dari koil ke percikan api agar motor bisa menyala.

Untuk melakukan pengecekan pada bagian ini, Anda perlu membuka busi dari tempatnya. Setelah dicek, baru tempelkan kembali pada blok mesin. Jika muncul percikan api, maka busi tak bermasalah, tapi cara ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena ada arus listrik yang cukup tinggi.

4. Kerusakan pada Koil

Ketika motor tiba-tiba mogok dalam perjalanan, bisa jadi hal tersebut diakibatkan koil yang rusak. Koil juga merupakan salah satu komponen pada motor yang berfungsi membuat arus listrik.

Koil menjalankan tugasnya dibantu oleh aki yang agar aliran listriknya menjadi lebih besar. Misalnya sebuah aki berukuran 12 volt, maka koil akan melipatgandakannya menjadi lebih besar.

Untuk itu, perlu mengecek apakah kabel koil putus atau terdapat kerusakan pada sistem pengapiannya. Jika memang ada gejala kerusakan, sebaiknya segera diperbaiki atau diganti dengan komponen yang baru.

5. Sekring Putus

Penyebab motor tidak ada pengapian yang lainnya ialah sekring yang putus. Jika ingin mengecek bagian ini, maka bisa melakukan pengecekan pada busi. Jika busi masih menyala dan bekerja dengan baik, maka kondisi sekring masih aman.

Apabila sekring pada motor putus, maka proses pengapian juga akan terhambat atau tidak akan pernah terjadi. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek secara berkala apakah sekring pada motor masih dapat bekerja dengan baik.

6. Soket Rumah Kontak Rusak

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah kontak juga dapat menjadi penyebab motor tidak ada pengapian. Cara mengeceknya ialah dengan melihat apakah kabel soket kendor, jika memang hanya kendor maka Anda bisa langsung mengencangkannya.

Jika soket rumah kontak masih bekerja, maka Anda bisa mengeceknya dengan tespen. Tekan tespen pada bagian soket yang memiliki arus listrik, jika tespen tidak menyala maka soket harus segera diganti.

7. Stop Engine Rusak

Kebanyakan jenis sepeda motor sport sudah dilengkapi dengan komponen stop engine (ECO). Fungsi komponen ini ialah untuk mematikan fungsi kendaraan ketika selesai pemakaian.

Ketika motor dihidupkan, stop engine akan dilewati oleh sistem pengapian untuk menjalankan tugasnya. Apabila stop engine atau ECO mengalami kerusakan, makan dapat dipastikan proses pengapian pun tidak akan terjadi.

Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan membuka penutup stop engine lalu membersihkannya. Jika setelah dibersihkan motor tidak kunjung menyala, maka sistem ECO harus segera diganti.

8. CDI Rusak

Sistem pengapian kendaraan juga bergantung pada kondisi CDI atau Condensator (Capacitor) Discharge Ignition. CDI adalah komponen yang juga berada dalam sistem pengapian karena fungsinya mengatur percikan api busi yang akan digunakan pada bahan bakar dan dipadatkan di piston.

Apabila CDI bermasalah atau rusak, maka sistem pengapian juga tidak akan terjadi. Penting sekali untuk menjaga komponen ini tetap dalam kondisi yang prima, karena jika sudah rusak Anda harus menggantinya dengan komponen yang baru.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://otomotif.okezone.com/read/2023/10/02/53/2893075/8-sebab-motor-susah-dinyalakan-cek-proses-pengapian

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut