get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Doa Meminta Rezeki yang Berlimpah, Lengkap beserta Artinya

Tata Cara Lengkap Sholat Jumat Makmum, Arab, Latin, dan Artinya

Jum'at, 17 November 2023 | 09:58 WIB
header img
Foto ilustrasi: Sholat Jumat berjamaah di Masjid istiqlal, (Tangkapan layar).

iNews Banten - Penting untuk muslim ketahui agar semakin afdhal menjalankan ibadah niat sholat jumat makmum dan tata caranya penting muslim ketahui.

Sholat Jumat dilakukan setelah tergelincirnya matahari atau sudah tiba waktu Dhuhur dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur secara terperinci. 

Makna Jihad Fi Sabilillah
Hukum melaksanakan sholat Jumat adalah fardlu ‘ain bagi setiap laki-laki yang sudah baligh. Dalil disyariatkannya sholat Jumat yakni Al Quran, Surat Al Jumuah ayat 9. Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al Jumuah: 9).

Dalil sholat Jumat juga disebutkan dalam hadits. Rasulullah SAW besabda:

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ  إلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ  أَوْ امْرَأَةٌ  أَوْ صَبِيٌّ  أَوْ مَرِيضٌ

Artinya, “Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, wanita, anak kecil, dan orang sakit,” (HR Abu Daud dengan sanad sesuai standar syarat Bukhari dan Muslim).

Sholat Jumat paling sedikit dilaksanakan berjamaah 40 orang yang mukim di daerah setempat (bukan musafir) dan dilakukan setelah khotbah. Lantas, bagaimana niat menjalankan sholat Jumat bagi makmum?

Niat Sholat Jumat Makmum
Arab: اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli fardhol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa an makmuman lillaahi ta'aala

Artinya: Saya berniat melaksanakan kewajiban sholat Jumat dua raka'at dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala.

Niat Sholat Jumat untuk Imam

Arab: اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli fardhol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa an imaman lillaahi ta'aala

Artinya: Saya berniat melaksanakan kewajiban sholat Jumat dua raka'at dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala.

Hukum Membaca Niat
Salah satu rukun sholat adalah membaca niat. Mayoritas ulama bersepakat bahwa dianjurkan atau mandub melafadzkan niat dengan lisan. 

Tim Asatidz Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Galih Maulana mengatakan para ulama telah menjelaskan tentang niat dalam sholat. Syekh Wahbah az-Zuhaili (w 1436 H) berpendapat tempatnya niat adalah hati menurut kesepakatan ulama, sedangkan melafadzkannya dengan lisan adalah mandub (dianjurkan) menurut mayoritas ulama selain madzhab Maliki, madzhab Maliki mengatakan : ”boleh melafadzkan niat tetapi meninggalkannya lebih utama, baik itu dalam sholat maupun lainnya.”

Hal sama diungkapkan Imam Fakhruddin ‘Utsman az-Zaila’i al-Hanafi (w 743 H). Melafadzkan niat bukan merupakan syarat sah sholat tetapi hal ini bagus dilakukan agar terkumpul azamnya (untuk sholat).

Tata Cara Sholat Jumat

1. Membaca Niat
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca Surat Al A'la di rakaat pertama
6. Rukuk
7. I'tidal
8. Sujud
9. Duduk di Antara Dua Sujud
10. Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua
11. Membaca Surat Al Ghasiyah di rakaat kedua
12. Tahiyat Akhir
13. Salam

Itulah ulasan niat sholat Jumat makmum lengkap tata cara untuk muslim ketahui agar ibadah wajib yang akan dijalankan semakin sempurna.

Wallahu A'lam

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut