get app
inews
Aa Read Next : Gudang Palet Terbakar, Pegawai Transmart Kota Serang Panik

Pemkot Serang Raih Hattrick Penghargaan Universal Health Coverage dari Menko PMK Muhadjir Effendy

Kamis, 08 Agustus 2024 | 20:53 WIB
header img
Pemkot Serang Raih Hattrick Penghargaan Universal Health Coverage dari Menko PMK Muhadjir Effendy (ist)

SERANG, iNewsBanten - Pemerintah Kota atau Pemkot Serang kembali meraih penghargaan universal health coverage atau UHC dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau PMK Republik Indonesia. 

Penyerahan penghargaan UHC diberikan secara simbolis oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'aruf Amin melalui Menko PMK Republik Indonesia Muhadjir Effendy kepada Penjabat Walikota Serang Yedi Rahmat di Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

Pemberian penghargaan universal health coverage ini dalam rangka satu dekade BPJS berkontribusi secara nyata, dan sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah Kota Serang dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan raihan penghargaan UHC tahun 2024, maka Pemkot Serang telah meraih penghargaan UHC secara tiga kali berturut-turut sejak tahun 2022 lalu. 

Yedi Rahmat mengatakan, penghargaan UHC diterima Kota Serang karena cakupan layanan UHC hampir 100 persen. 

"Alhamdulillah Pemkot Serang barusan menerima penghargaan UHC. Karena capaian BPJS kita sudah 98,87 persen. Dari 460 kabupaten kota, Kota Serang mendapat penghargaan UHC dari pemerintah pusat," ujar Yedi didampingi Kepala Dinas Kesehatan atau Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanuddin, dan Kabag Protokol Setda Kota Serang Tubagus Fili. 

Ia mengaku Pemkot Serang siap mendukung program-program BPJS kesehatan untuk selanjutnya. 

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan kita ikutin apa yang kita laksanakan tadi," tuturnya.

Yedi berharap ke depan cakupan layanan BPJS terus meningkat, sehingga Pemkot Serang kembali meraih penghargaan UHC di tahun yang akan datang. 

"Harapannya mudah-mudahan tahun depan, Kota Serang mendapat lagi penghargaan UHC, jadi biar empat kali berturut-turut," harap dia.

Kepala Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanuddin mengatakan, capaian UHC Kota Serang per 1 Juli 98,87 persen atau 727.361 jiwa dari total jumlah penduduk Kota Serang 735.651 jiwa.

"Kota Serang itu Alhamdulillah sejauh ini sudah mencapai 98,87 persen. Jadi itulah yang menjadikan Kota Serang diundang untuk datang ke sini untuk menerima penghargaan dari Pak Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin," kata Hasanuddin.
 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut