get app
inews
Aa Read Next : 3 Pahlawan Perempuan Berhijab yang Tak Kenal Lelah dan Takut, Ada Rasuna Said!

Jurnalis Perempuan Palestina Tewas, Ditembak Tentara Israel

Kamis, 02 Juni 2022 | 15:08 WIB
header img
Ilustrasi. Sejumlah wartawan berduka atas kematian rekan mereka sesama jurnalis di Palestina. (REUTERS/MOHAMAD TOROKMAN)

SERANG, iNewsBanten.id- Jurnalis perempuan dikabarkan tewas ditembak tentara Israel di Wilayah Tepi Barat, Palestina.

Dikutip dari Middle East Eye, jurnalis perempuan, Ghofran Warasnah (31), tewas karena luka tembak fatal tak jauh dari perkemahan pengungsi di Al-Arroub, Hebron, Tepi Barat pada Rabu (1/6).

Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan Warasneh tewas setelah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Dikutip dari agensi berita Palestina, WAFA, Warasnah menjadi korban tembak saat hendak masuk ke perkemahan pengungsi Al-Arroub pada Rabu pagi lalu. Kamp itu berada di wilayah utara dari Hebron.

Pihak Palestina menuding pasukan Israel melepas tembakan ke Warasnah, dan mengenai dadanya.

Bulan Sabit Merah Palestina (PRC) yang beroperasi di Tepi barat mengatakan pasukan Israel mencegah paramedis mendekati korban, setidaknya hingga 20 menit setelah tertembak.

Setelah 20 menit itu tenaga medis PRC baru bisa mendekati korban, dan segera melarikannya ke rumah sakit al-Ahli di Hebron. Namun, perempuan lulusan Universitas Hebron itu meninggal setibanya di rumah sakit.

Warasnah adalah warga al-Shuyukh, dan pernah dipenjara selama tiga bulan oleh pihak Israel. Dia bebas dari penjara Israel pada April 2022 lalu, kemudian bekerja untuk jaringan media lokal.

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh mengutuk pembunuhan Warasnah itu, dan mendesak publik internasional tak diam dan bungkam.

Dikutip dari Al Jazeera, militer Israel mengklaim perempuan tersebut membawa pisau sehingga dianggap membahayakan.

"Penyerang bersenjata pisau berjalan ke arah seorang tentara IDF (militer Israel) yang melaksanakan kegiatan keamanan rutin di Rute 60. Para tentara menanggapi dengan tembakan langsung," demikian pernyataan resmi militer Israel.

Namun, salah seorang saksi mata membantahnya. Menurutnya, Warasneh tak terlalu mengancam tentara tersebut, dan pisau yang dibawa pun ukuran kecil. Jurnalis Al Jazeera, Givara Budeiri mengatakan Warasneh baru saja bekerja sebagai jurnalis di radio setempat selama setidaknya tiga hari.

"Dia meninggalkan rumah untuk bekerja, demikian kata saksi mata," ujar Budeiri.

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut