get app
inews
Aa Read Next : Tak Paham Prosedur Ruang Terbatas, 4 Pekerja Lemas Terjebak Didalam Sumur Diduga Menghirup Gas

Bus Angkut Peziarah Masuk Jurang, 25 Orang Tewas

Senin, 06 Juni 2022 | 07:32 WIB
header img
Inside bus masuk jurang bukan lagi peristiwa yang langka di India (ilustrasi). (Foto: Ist.)

NEW DEHLI, iNewsBanten - Sebuah bus jatuh ke jurang di Negara Bagian Uttarakhand, India Utara, Minggu (5/6/2022). Sedikitnya 25 orang tewas dalam kecelakaan itu.

Menurut India Today, bus yang membawa 28 peziarah Hindu itu berangkat dari Negara Bagian Madhya Pradesh di India Tengah menuju ke Yamunotri, sebuah kota suci Hindu di kawasan Himalaya di Uttarakhand. Dalam perjalanan bus itu jatuh ke jurang.

Sampai berita ini ditulis, polisi dan Tim Tanggap Bencana Negara Bagian (SDRF) Uttarakhand sedang melakukan operasi penyelamatan di tempat kejadian. Pihak berwenang setempat sudah memulai penyelidikan atas kecelakaan itu.

Menteri Dalam Negeri India, Amit Shah, menyatakan belasungkawa yang mendalam atas kematian para peziarah. “Sangat menyedihkan mendengar tentang bus jemaat yang jatuh ke jurang di Uttarakhand,” ungkapnya, akhir pekan kemarin.

Dia telah berbicara dengan Menteri Kepala (setara gubernur) Uttarakhand, Pushkar Dhami, tentang musibah tersebut. Pemerintah daerah dan tim SDRF telah dikerahkan untuk proses evakuasi korban.

“Korban yang terluka telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan,” ujar Shah.  

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan, masing-masing keluarga korban yang meninggal akan menerima santunan senilai 200.000 rupee (sekitar Rp37 juta). Sementara itu, setiap korban luka akan mendapatkan kompensasi 50.000 rupee (Rp9,3 juta). 

Insiden bus masuk jurang kerap terjadi di India. Kondisi jalan di kawasan Himalaya yang berbukit-bukit dan dipenuhi jurang yang curam sangat rawan kecelakaan. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut