Sri Langka Krisis Bahan Bakar Bensin dan Solar

Susi Santi
Srilangka Bangkrut (doc Istimewa)

INTERNASIONAL, iNewsBanten - Menteri Energi Sri Lanka Kanchana Wijesekera mengatakan pada Sabtu (25/6/2022), Sri Lanka hampir kehabisan bensin dan solar setelah beberapa pengiriman yang diperkirakan tertunda tanpa batas waktu. Dia juga meminta maaf kepada pengendara atas krisis bahan bakar yang memburuk.

"Saya mohon maaf atas keterlambatan dan ketidaknyamanan ini," kata Menteri ketika ratusan ribu pengendara menghabiskan waktu berjam-jam menunggu bensin dan solar di seluruh negara miskin itu.

Menteri mengatakan kargo minyak yang dijadwalkan minggu lalu tidak muncul sementara yang dijadwalkan tiba minggu depan juga tidak akan mencapai Sri Lanka karena alasan "perbankan".

Sri Lanka menghadapi kekurangan devisa yang serius untuk membiayai bahkan impor yang paling penting, termasuk makanan, bahan bakar dan obat-obatan dan meminta bantuan internasional.

Wijesekera mengatakan Ceylon Petroleum Corporation yang dikelola negara tidak dapat mengatakan kapan pasokan minyak segar akan berada di pulau itu. CPC juga telah menutup satu-satunya kilangnya karena kekurangan minyak mentah.

Kilang mulai beroperasi awal bulan ini menggunakan 90.000 ton minyak mentah Rusia yang dibeli melalui Coral Energy yang berbasis di Dubai dengan persyaratan kredit dua bulan.

Wijesekera mengatakan dia menyesal bahwa pengiriman "pengiriman bensin, solar dan minyak mentah yang dijadwalkan awal minggu ini dan minggu depan" tidak akan terpenuhi "tepat waktu karena alasan perbankan dan logistik".

Dia menjelaskan persediaan langka yang tersisa di negara itu akan didistribusikan melalui beberapa stasiun pompa.

Dia mengatakan angkutan umum dan pembangkit listrik akan diprioritaskan. Dia juga mengimbau pengendara tidak mengantri BBM.

Pekan lalu, pemerintah menutup lembaga negara yang tidak penting bersama dengan sekolah selama dua minggu untuk mengurangi perjalanan karena krisis energi.

Beberapa rumah sakit di seluruh negeri melaporkan penurunan tajam dalam kehadiran staf medis karena kekurangan bahan bakar.

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe memperingatkan parlemen pada Rabu (22/6/2022) bahwa negara Asia Selatan berpenduduk 22 juta orang akan terus menghadapi kesulitan selama beberapa bulan lagi dan mendesak orang untuk menggunakan bahan bakar dengan hemat.

"Ekonomi kita telah menghadapi kehancuran total," terangnya.

"Kami sekarang menghadapi situasi yang jauh lebih serius di luar sekadar kekurangan bahan bakar, gas, listrik, dan makanan,” lanjutnya.

Pemerintah menyatakan gagal bayar pada April lalu setelah tidak dapat membayar kembali utang luar negerinya sebesar USD51 miliar (Rp757 triliun). Saat ini Sri Lanka sedang bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk kemungkinan mendapatkan dana talangan (bailout).

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network