Seorang Jamaah Haji Kloter Pertama Asal Garut Gagal Pulang Siang Ini

Fani Ferdiansyah
Para jemaah haji gelombang pertama asal Garut telah tiba di Embarkasi Bekasi. Ratusan jemaah haji ini diperkirakan akan tiba di Garut Rabu (20/7/2022) siang ini. (FOTO: FANI FERDIANSYAH)

GARUT, iNewsBanten - Satu dari ratusan jemaah haji asal Kabupaten Garut gelombang pertama gagal pulang Rabu (20/7/2022) siang ini. Kepulangan haji bernama H A Setiawan itu tertunda karena terkena serangan jantung tepat sehari menjelang kepulangan.

“Yang bersangkutan atas nama H A Setiawan (terkena) serangan jantung sehari menjelang kepulangan,” kata Kepala Kantor Kementrian Agama Garut Cece Hidayat, Rabu (20/7/2022) pagi. 

Cece Hidayat menyatakan, sebanyak 409 jemaah haji asal Garut lainnya dijadwalkan tiba di Bandara Soetta pagi. Jemaah haji ini sebelumnya berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada 7 Juni 2022 lalu. 

Kendati demikian, Cece yang berangkat untuk melakukan penjemputan ke Embarkasi Bekasi, juga menjelaskan bahwa berdasarkan manifest penerbangan jumlah jemaah haji gelombang pertama asal Garut tetap berjumlah 410 orang. “Ada satu orang jemaah haji tanazul dari kloter lain yang berasal dari provinsi Lampung ikut bersama kita,” ujarnya. 

Kepala Kantor Kemenag Garut menuturkan, siap melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan vaksinasi booster bagi jemaah haji yang baru tiba di Tanah Air. Kantor Kemenag Garut telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Garut terkait hal ini. 

"Sejak di Madinah juga seluruh jemaah sudah melakukan tes kesehatan secara ketat mulai PCR dan lainnya, termasuk di embarkasi Bekasi ini,” tutur Kepala Kantor Kemenag Garut. 

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mewajibkan seluruh jemaah haji melakukan vaksinasi booster, sebelum berkumpul bersama keluarga. Pemberian vaksin booster dilakukan untuk menghindari meningkatkan penyebaran Covid-19 setelah pelaksanaan ibadah haji.

Jemaah haji asal garut yang berangkat menunaikan ibadah ke Mekkah tahun ini hanya terbagi dalam dua kloter. Seluruh jemaah berjumlah 867 orang dan para pendamping sejauh ini dinyatakan sehat. 

Kedatangan gelombang kedua jemaah haji asal Garut dijadwalkan tiba di Indonesia pada 1 Agustus 2022 mendatang. Pemkab Garut menetapkan SOR Ciateul sebagai titik penjemputan yang dilakukan keluarga jemaah.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network