Merah Putih Dibakar saat HUT RI di Aceh, Pengamat: Mengancam Keamanan!

Fahmi Firdaus
Tangkapan layar media sosial

JAKARTA, iNewsBantenHeboh di media sosial video bendera Merah Putih dibakar yang bertepatan saat HUT ke-77 Kemerdekaan RI, pada Rabu 17 Agustus 2022.

Video viral tersebut diunggah oleh akun Facebook Nasir Usman Usman dan tersebar ke platform media sosial lainnya. Dalam akun Facebook Nasir Usman Usman, terlihat bendera Merah Putih dipasang di sebilah kayu.

Bendera merah putih yang dibakar dipasang di dalam hutan. Namun belum diketahui lokasinya. Di bawah bendera Merah Putih itu ada poster berisi tulisan bangsa Aceh menolak hari ulang tahun RI."Kami selaku bangsa Aceh menolak hari ulang tahun RI ke 77 di Aceh," tulis isi poster tersebut.

Dalam tayangan juga terlihat seseorang menyulut api pada bendera Merah Putih yang langsung terbakar. Saat bendera Merah Putih terbakar habis, muncul bendera Bintang Bulan khas Aceh di baliknya yang juga sudah dipasang sebelumnya.

Pengamat terorisme, Al Chaidar, menduga, bendera merah putih itu dibakar oleh Tentara Atjeh Merdeka (TAM). Pembakaran bendera merah putih tersebut mencancam dan mengganggu keamanan

“ Ini sangat berpotensi mengganggu keamanan,” ujar Al Chaidar kepada Okezone, Minggu (21/8/2022).

Dia juga menyinggung ada 3 front pergerakan kelompok yang tidak setuju dengan MoU Helsinki 2005 dan UUPA 2006. “Yaitu front politik di luar negeri, front Klandestin di Aceh dan lokasi lainnya di Indonesia, dan front bersenjata di Aceh,” ungkapnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network