Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Urutan 17 Dengan Cara Jualan Obat

Ikhsan Permana SP
Ini Konglomerat Indonesia, yang Sukses Dari Jualan Obat (Foto : Istimewa)

2. Irwan Hidayat

Irwan Hidayat masuk daftar orang terkaya Indonesia ke-17 versi Forbes tahun 2020. Menurut laporan Forbes, Irwan memiliki kekayaan setidaknya 1,58 miliar dolar AS atau setara Rp22.6 triliun. Irwan Hidayat sudah berkecimpung dalam dunia bisnis sejak tahun 1972. 

Irwan merupakan presiden direktur PT Sido Muncul. Sido Muncul menjadi salah satu merk obat herbal dan jamu populer bahkan telah diekspor ke pasar internasional. 

Perusahaan Irwan ini sukses meraup keuntungan mencapai Rp2,4 triliun pada 2013 dengan lebih dari 4 ribu karyawan. 

Sido Muncul menjadi satu-satunya perusahaan jamu dan herbal yang berhasil mengembangkan sayap di bursa saham Indonesia. Hingga saat ini, Sido Muncul telah mengeluarkan 200 jenis jamu dengan pangsa pasar di wilayah Asean hingga Eropa.

3. Kartini Muljadi

Kartini Muljadi memiliki harta mencapai Rp8,7 triliun. Dengan jumlah kekayaannya tersebut, Kartini Muljadi berada di peringkat 48 orang terkaya di Indonesia

Ia merupakan pemilik Grup Tempo, perusahaan yang menjadi induk dari PT Tempo Scan Pasific Tbk. PT Tempo Scan Pasific Tbk selama ini dikenal sebagai produsen produk farmasi dan consumer goods. Beberapa produknya terbilang sudah tidak asing di Indonesia.

Adapun beberapa produk obat-obatan yang diproduksi Grup Tempo antara lain Bodrex, Vidoran, Hemaviton, Oskadon, Bodrexin, Neo Rheumacyl, Oskadryl, Contrexyn maupun Zevit Grow.

Sementara di lini consumer goods, produk Tempo Scan Group di antaranya Marina, My Baby, S.O.S, Total Care, Claudia maupun Pure Baby. Perusahaan ini berkantor pusat di kawasan Rasuna Said Jakarta Selatan.

Grup Tempo juga merambah ke bisnis kosmetik dengan merilis produk seperti Marina dan Ultima II, Revlon, Estee Lauder, Clinique, MAC, Bobbi Brown, La Mer, dan Jo Malone London.

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network