Prabu Siliwangi Ternyata Nikah Beda Agama! Begini Sejarahnya

Reza Yunanto
Prabu Siliwangi Ternyata Nikah Beda Agama! Begini Sejarahnya (foto Istimewa, -)

JAKARTA, iNewsBanten - Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi, konon ceritanya beliau melakukan pernikahan beda agama. Dia menikahi perempuan beragama Islam untuk menunjukkan Kerajaan Pajajaran yang terbuka dengan kedatangan agama baru.

Agama Islam mulai masuk ke Jawa Barat seiring berkembangnya kerajaan Islam seperti Demak, Cirebon dan Banten. Dikutip dari buku "Hitam Putih Pajajaran : Dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran", beberapa masyarakat Sunda mulai mengenal agama baru itu melalui jalur perdagangan, pernikahan hingga politik.

Carita Parahiyangan melukiskan bagaimana sebuah ajaran baru masuk ke tanah Sunda. Pada naskah kuno ini disebutkan "ajaran dari leluhur dijunjung tinggi sehingga tidak akan kedatangan musuh, baik berupa laskar maupun penyakit batin. Senang sejahtera di utara, barat, dan timur. Yang tidak merasa sejahtera hanyalah rumah tangga orang yang banyak serakah akan ajaran agama".

Ungkapan ini sebenarnya bermaksud siapa saja yang memilih meninggalkan Hindu Buddha, kemudian masuk Islam, akan mendapatkan risiko yang ditanggungnya. Salah satunya yang dialami putra Bunisora, bersama Bratalegawa, yang telah masuk Islam karena menikah dengan seorang muslim yang berasal dari Gujarat. 

Saat Bratalegawa mengunjungi Ratu Banawati, adik bungsunya yang menikah dengan seorang bangsawan dari Galuh, ia mengajak adik bungsunya masuk Islam. Namun ajakan itu ditolak, yang menyebabkan Bratalegawa memilih pergi ke Cirebon untuk menemui kakeknya dan mengajak masuk Islam. Tetapi lagi-lagi penolakan ia dapatkan. 

Meski ditolak dua kali, bukan berarti hubungan kekeluargaan Bratalegawa retak. Mereka tetap saling berkomunikasi sewajarnya. Sebenarnya cikal-bakal masuknya Islam ke tanah Sunda telah ada sejak zaman Prabu Niskala Wastukancana masih menjadi raja, sebelum era Prabu Siliwangi. 

Di luar keluarganya, Bratalegawa mengajak masyarakat Sunda memeluk Islam. Hal ini dilakukan tanpa kesulitan berarti, tetapi Bratalegawa tak pernah memaksa siapa pun untuk memeluk agama Islam. 

Dirinya hanya memberikan alternatif bahwa ada jalan menuju kebenaran. Jika ingin meniti jalan tersebut diajaknya bersama-sama. Tapi kalau tidak mau tak masalah. Apalagi ia adalah seorang bangsawan sepupu dari Wastukancana sekaligus iparnya, penguasa Galuh sebelum disatukan oleh Prabu Siliwangi. 

Puncaknya ketiga Prabu Siliwangi menikah dengan seorang perempuan yang berbeda agama. Perempuan ini beragama Islam, dan membuahkan tiga orang anak. Anak pertama bernama Cakrabuana, kedua, putri bernama Lara Santang, dan ketiga seorang laki-laki bernama Kian Santang.

Ketiga anak Prabu Siliwangi ini bahkan memilih mengikuti agama ibunya yakni agama Islam. Tetapi hal itu sama sekali tak dipermasalahkan oleh Prabu Siliwangi yang bernama asli Sri Baduga Maharaja. Sejak awal Prabu Siliwangi memang sudah ada kesadaran masing-masing bahwa memberi kebebasan kepada anak untuk menentukan agamanya sendiri. 

Ketika Lara Santang beranjak dewasa, tumbuh sempurna, kemudian ia menikah dengan Maulana Sultan Mahmud, seorang bangsawan dari Arab, yang kemudian melahirkan dua anak laki-laki bernama Syarif Hidayatullah dan Syarif Nurullah. 

Naskah Nagara Kretahbumi menceritakan bahwa di tanggal 12 bagian terang, bulan Caitra, tahun 1404 saka, telah memutuskan berhenti mengirimkan upeti yang seharusnya disetorkan ke Pakuan setiap tahunnya. 

Secara resmi kemudian Pangeran Cakrabuana dijadikan raja merdeka oleh kakeknya di Cirebon Girang. Wilayah ini termasuk di bawah kekuasaan Sunda-Pajajaran. Syarif Hidayat telah diberi hak oleh pihak Pakuan dalam menentukan kebijakan rakyatnya.

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://Jabar.inews.id/berita/momen-prabu-siliwangi-nikah-beda-agama-tunjukkan-pajajaran-terbuka-dengan-kedatangan-islam

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network