Senjata Tradisional yang Pernah Dipakai Panglima Kerajaan

Joni Nura
Senjata Tradisional yang Pernah Dipakai Panglima Kerajaan (foto Istimewa, -)

2. Tarapang

Tarapan merupakan salah satu senjata tradisional Lampung. Terapang atau Tekhapang merupakan senjata paling terkenal di Lampung.

Bentuk terapang mirip dengan keris, perbedaannya bagian bilahnya yang agak sedikit berlekok. Terapang juga disebut sebagai keris khas Lampung.

Senjata ini kerap dibawa oleh para bangsawan pada zaman dahulu sebagai alat menjaga diri. Keris khas Lampung ini sudah ada sejak masa kekuasaan Kerajaan Tulang Bawang di sekitar abad ke 12.

Saat ini, Tarapan digunakan untuk acara ritual adat Lampung seperti acara pernikahan. Dalam ritualnya, pengantin pria membawa tarapang sebagai lambang keberanian dan tanggung jawabnya terhadap keselamatan istrinya.

3. Badik Lampung

Badik Lampung, menjadi salah satu senjata tradisional Bumi Ruwa Jurai. Senjata tajam ini mempunyai bentuk seperti huruf J atau L.

Bentuknya hampir sama dengan pisau biasa, perbedaannya hanya di mata pisaunya yang berbenuk runcing ke atas. Senjata ini terbuat dari logam. Sementaraa gagang serta sarungnya biasanya bengkok dan terbuat dari kayu.

Banyak warga Lampung yang menganggap senjata ini sebagai lambang kejantanan sehingga banyak orang yang selalu membawanya dalam berbagai kegiatan meski belum tentu digunakan.

4. Taji Ayam

Senjata tradisional Lampung selanjutnya yakni Taji ayam. Senjata ini mirip menyerupai pisau. Memiliki bagian tajam di kedua sisi matanya.

Taji ayam bahkan disebut sebagai senjata tikam khas Lampung. Taji ayam ini memunyai ujung yang sangat runcing dab bengkok.

Senjata ini terbuat dari besi berlapis baja dengan ukurang sejengkal. Penutupnya dibuat dari campuran kayu dan perak.

5. Panah (Betit)

Panah alias Betit menjadi salah satu senjata tradisional Lampung. Senjata ini terbagi menjadi dua yakni panah berbusur dan panah bentuk senapan.

Panah berbubus biasanya memilik racun di mata anak panahnya. Sementara panah senapan menggunakan kayu yang dibentuk menyerupai senapan angin.

Kemudian, dilengkapi dengan karet yang berfungsi menarik anak panah ke belakang dan dijepit lalu ditembakkan.

6. Payan

Payan merupakan senjata tradisional Lampung yang berbentuk tombak. Senjata ini mempunyai gagang sepanjang 150-180cm. Mata tombaknya lancip dan terbuat dari besi.

Konon, Payan adalah senjata tradisional Lampung yang usianya paling tua. Payan menjadi salah satu senjata yang digunakan prajurit kerajaan Tulang Bawang.

Hal ini diketahui dari situs purbakala Pugung Raharjo dan situs peninggalan Islam Benteng Sari.

Itulah beberapa jenis senjata tradisional Lampung. Ada yang masih kamu pakai?

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://Lampung.inews.id/berita/senjata-tradisional-lampung-ada-yang-pernah-dipakai-prajurit-kerajaan

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network