4 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Belum Diketahui Banyak Orang

Bertold Ananda
Mengenal khasiat asam Jawa (Foto: hindustantimes)

AKARTA, iNews.id - Asam Jawa merupakan salah satu buah yang dikenal dengan rasanya yang asam. Buah ini kerap dicampur ke dalam masakan.

Selain dapat membuat masakan jadi lezat dan segar, ternyata asam Jawa juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Asam jawa hadir dengan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Bubur yang diekstraksi dari asam membantu mengurangi obesitas - ini hanyalah salah satu dari banyak manfaat luar biasa dari buah ini.

Asam Jawa atau biasa disebut tamarin merupakan jenis tumbuhan yang memiliki rasa asam. Umumnya tumbuhan ini ditemukan pada daerah tropis seperti di Indonesia.

Di Indonesia, asam jawa sering digunakan untuk keperluan bumbu dapur dan rempah-rempah penyedap makanan. Tidak hanya nikmat untuk makanan, asam Jawa digadang-gadang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Apa saja kira-kira manfaat asam Jawa untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (2/2/2022).

1. Dapat turunkan obesitas

Asam Jawa hadir dengan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Baiknya campurkan berbagai makanan dengan resep asam Jawa untuk membuatnya semakin bergizi. Jika dikonsumsi dengan tepat asam Jawa terbukti dapat membantu mengurangi obesitas. Hal tersebut didapat dari kandungan zat asam hidroksi tikit atau HCA yang membantu menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh manusia.

2. Menjaga kadar gula darah

Rempah-rempah asam jawa diketahui memiliki manfaat dahsyat dalam menjaga dan mengontrol kadar gula darah. Hal itu dikarenakan senyawa asam Jawa dapat mengurangi konsumsi karbohidrat dalam tubuh. Dengan demikian, ini membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan sering disebut sebagai bumbu antidiabetes yang kuat.

3. Kembalikan tekanan darah

Tumbuhan berkhasiat satu ini juga dipercaya ahli gizi dapat mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Sebab, kandungan di dalammnya memiliki sejumlah nutrisi seperti serat, Zat Besi, Kalium dan Vitamin B1.

4. Bantu proses pencernaan

Mengonsumsi asam Jawa dengan takaran yang pas juga terbukti mendongkrak tubuh untuk membantu proses pencernaan. Hal itu disebabkan asam jawa membantu dalam mempercepat proses pencernaan, sehingga mengurangi risiko gangguan pencernaan dan masalah terkait lainnya.

Sumber:

https://www.inews.id/travel/kuliner/terungkap-ini-4-manfaat-luar-biasa-asam-jawa-yang-belum-diketahui-banyak-orang

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network