Berapa Hari Lagi Puasa 2023? Yuk Hitung Mundur Awal Ramadhan 1444 H

Rilo Pambudi
Bulan puasa Ramadhan berapa hari lagi? (Foto: Ilustrasi/Ist)

SERANG, iNewsBanten - Saat ini, kita sudah memasuki ahir bulan Rajab yang artinya, sekitar satu bulan lagi akan memasuki awal Ramadhan. Berapa hari lagi puasa 2023?

Bulan puasa Ramadhan berapa hari lagi? Ulasan mengenai kapan bulan Ramadhan tiba tentunya sudah mulai banyak dicari orang.

 

Umat Muslim pastinya sudah tidak sabar menyambut datangnya bulan suci tahun ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkahi Allah.

Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Hal itu sebagaimana termaktub dalam hadits berikut:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَ غُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ

“Apabila datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka,dan setan-setan diikat (dibelenggu).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ramadhan selalu dinantikan dan disambut dengan antusias karena banyaknya keutamaan di dalamnya. Selain kewajiban menjalankan puasa satu bulan penuh, Ramadhan juga menjadi momentum mustajab untuk berdoa.

Sebagaimana diketahui, puasa Ramadhan adalah salah satu dari 5 rukun Islam. Banyak sekali keistimewaan yang ada di dalamnya sehingga setiap umat Islam di seluruh dunia pasti tidak sabar untuk segera dipertemukan dengan Ramadhan setiap tahunnya.

Lantas, kapan bulan Ramadhan 2023 akan dimulai berikut adalah ulasannya yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Rabu (1/3/2023).

Kapan Bulan Ramadhan 1444 H / 2023 akan Dimulai?

Berdasarkan keputusan majelis tarjih dan tajdid pengurus pusat Muhammadiyah, awal Ramadhan 2023 telah ditetapkan akan jatuh pada pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023.

Artinya, pada hari tersebut sudah masuk tanggal 1 Ramadhan 1444 H atau satu Ramadhan 2023. Sedangkan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fitri ditetapkan jatuh pada tanggal 21 april 2023.

Jika mengacu pada penetapan tersebut, maka Ramadhan 2023 akan dimulai dalam 22 hari lagi.

Di lain pihak, Nahdlatul Ulama atau NU biasanya akan menetapkan Awal Ramadhan mengikuti keputusan Kementerian Agama RI. Kepastian tersebut biasanya diputuskan melalui sidang isbat terlebih dahulu dengan hasil pemantauan hilal yang sebelumnya dilakukan.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network