Sering Kenyang Setelah Makan Gorengan Padahal Belum Makan Nasi, Ini Penjelasannya Menurut Dokter

Awan Setiawan
Ilustrasi gorengan (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten -  Bingung mau makan apa saat setelah seharian berpuasa, menahan haus dan lapar kurang lebih selama 12 hingga 14 jam, banyak orang yang bernapsu ingin minum dan makan banyak begitu tiba saat berbuka puasa.

Tapi alih-alih bisa melahap semua makanan dan minuman yang ada, saat berbuka lebih sering kita sudah merasa cukup dan kenyang meski hanya minum satu gelas dan makan beberapa aneka gorengan.

Kondisi yang tidak asing lagi dialami banyak orang ini tentu bikin bertanya-tanya, kenapa terkadang kita justru tak bisa makan banyak saat berbuka puasa. Padahal perut kosong dan terasa lapar seharian.

Diungkapkan dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Juwalita Surapsari, SpGK ternyata bukan tanpa alasan, secara medis ada alasan untuk menjelaskan kondisi ini.

“Itu karena batalin puasa langsung makan gorengan, ada yang tiga buah sekaligus. Padahal itu banyak minyaknya dan makanan berminyak itulah yang membuat reaksi begah di perut,” jelas dr. Juwalita, saat gelaran webinar Omron, Kamis (30/3/2023).

Parahnya lagi, sudah buka puasa dengan gorengan kemudian umumnya ditambah dengan minuman dingin. Hasilnya? Reaksi begah akan semakin terasa di perut.

"Minuman dingin juga punya efek bikin begah di perut. Makanya, saya selalu ingatkan ke pasien dan masyarakat umum, berbuka puasa itu dengan minuman yang suhunya tidak jauh berbeda dengan suhu normal manusia, suhu hangat boleh," paparnya panjang lebar.

Jika gorengan dan minuman dingin tidak disarankan menjadi menu buka puasa karena langsung membuat perut begah, Lalu apa yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa?

Dokter Juwalita menjawab simpel, berbuka puasalah sesuai dengan sunah Rasulullah yakni air mineral hangat dan tiga butir kurma.

“Apa yang diajarkan Rasulullah itu tepat sekali dan ideal dari kacamata medis. Kurma punya gula alami, serat, dan mineral, yang bikin gula darah naik pelan-pelan jad enggak langsung tinggi,” katanya.

Meski kurma itu sehat, tapi dr. Juwalita memperingatkan bukan artinya boleh dimakan terlalu banyak, karena tetap akan berpengaruh pada kadar gula dalam darah.

"Secukupnya saja. Jangan lupa dua gelas air mineral saat berbuka puasa. Baru nanti makan malam dengan porsi lengkap, ada karbohidrat kompleks, serat, protein. Gizi dan nutrisi tercukupi, dan tubuh tetap sehat selama puasa," pungkas dr. Juwalita.

Artikel ini telah tayang dengan judul  https://health.okezone.com/read/2023/03/30/481/2790301/buka-puasa-pakai-gorengan-bikin-langsung-kenyang-ini-alasan-medisnya

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network