Manfaat Air Kelapa untuk Diet hingga Percantik Kulit

kiki oktaliani
Selain memberi khasiat baik bagi kesehatan, air kelapa juga dikaitkan dengan manfaat untuk diet. (Foto: list)

JAKARTA, iNewsBanten- Manfaat air kelapa untuk diet ternyata sudah banyak diteliti oleh para ahli dengan klaim bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain rasanya yang segar dan nikmat, mengonsumsi air kelapa secara teratur menawarkan banyak manfaat lain terutama bagi kesehatan tubuh.

Manfaat air kelapa muda sangat beragam. Seperti kita ketahui, air kelapa muda merupakan cairan bening dari kelapa muda yang mengandung elektrotrolit, vitamin, dan mineral. 

Manfaat air kelapa muda, tak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Selain segar dan bermanfaat, minuman elektrolit satu ini bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan di negara tropis seperti Indonesia.

Nah, lantas apa saja manfaat air kelapa muda bagi tubuh? Berikut informasi selengkapnya seperti dirangkum pada Senin (21/11/2022).

Sebagian besar orang mengonsumsi minuman satu ini karena rasanya yang menyegarkan dan memiliki manfaat. Ya, banyak orang yang percaya dengan khasiat atau manfaat air kelapa muda ini.

1. Antioksidan 

Manfaat air kelapa muda di urutan pertama, adalah kaya antioksidan. Ya, air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Studi terbaru pada tahun 2016 menunjukkan, air kelapa memiliki potensi tinggi untuk mengurangi gejala kolesterol.

Hal ini menunjukkan, air kelapa dapat membantu melonggarkan batu di dalam organ ginjal atau mencegah pembentukannya. Penelitian lainnya juga menunjukkan, air kelapa dapat membantu meringankan kerusakan ginjal karena diabetes.

3. Melembabkan kulit

Manfaat air kelapa muda juga bisa dirasakan kulit Anda. Minum air kelapa atau mengaplikasikannya pada kulit kemungkinan dapat melembabkan kulit. Ilmuwan menyebut, air kelapa memiliki efek antimikroba, dan menunjukkan bahwa mengoleskannya ke kulit dapat membantu mengobati jerawat.

4. Sumber elektrolit

Manfaat air kelapa muda berikutnya yakni sumber elektrolit. Hal ini karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium. Beberapa penelitian menemukan, air kelapa mungkin lebih bermanfaat daripada air biasa untuk mengatasi dehidrasi setelah berolahraga. 

Faktanya, satu studi kecil tahun 2014 di Brazil menemukan, air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air putih biasa atau minuman olahraga selama temperatur udara yang cukup panas.

5. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa muda lainnya, yakni menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan, air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Studi terbaru di tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes menemukan, air kelapa mengurangi glukosa darah pada tubuh hewan tersebut.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network