Perbedaan Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim Beserta Maknanya

Novie Fauziah
Ilustasi perbedaan astagfirullah dan astagfirullahaladzim. (Foto List)

JAKARTA, iNewsBanten - Perbedaan Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim sangat menarik diketahui. Ketika terkejut hingga mendengar sesuatu yang mencengangkan, umumnya setiap Muslim akan mengucapkan kalimat Lillah yaitu Astagfirullah atau Astagfirullahaladzim. Bacaan tersebut sebagai tanda istighfar, yakni selalu mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam kondisi apa pun.

Namun tahukah Anda bahwa Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim memiliki makna berbeda? Meskipun terlihat serupa jika diperhatikan, ternyata ada perbedaannya, sehingga artinya pun beda, namun tujuannya sama.

Sebagaimana telah Okezone himpun, terdapat perbedaan arti pada dua kalimat istighfar tersebut. Astaghfirullah artinya "Aku mohon ampun kepada Allah", sementara Astagfirullahaladzim yang berarti "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung".

Lebih lanjut perbedaan kalimat Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim terletak dari kalimat "Al-Adzim". Kalimat Al-Adzim merupakan na'at atau sifat dari kalimat Allah yang memiliki arti "Yang Maha Agung".

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network