Nikmatnya Kol Goreng, Ternyata Bisa Picu Penyakit Jantung Koroner!

Dyah Ratna Meta Novia
Nikmatnya Kol Goreng Ternyata bisa bahaya bagi kesehatan (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Biasanya menu kol goreng disajikan dengan ayam penyet. Kol goreng sering dimakan dengan ayam penyet dan tahu tempe, dan sambal rasanya memang mantab.

Namun jika kamu terlalu sering makan kol goreng juga berbahaya bagi kesehatan tubuh meski rasanya enak.

Dokter sekaligus Influencer Kesehatan dr Tirta menjelaskan, semua sayuran bermanfaat jika direbus atau ditumis secara tidak berlebihan. “Nah kol tuh aman, selama nggak di goreng,” kata dr Tirta, dikutip dalam akun X miliknya @tirta_cipeng dari Okezone.

Ia menjelaskan, kol yang digoreng, zat-zat serat yang terkandung dalam kol tersebut akan hancur lebur, dan akan berubah menjadi kalori. Parahnya kol goreng justru meningkatkan penyakit dari Arteriosklerosis, yaitu penyakit jantung koroner.

Menurut Mayo Clinic, Aterosklerosis memiliki gejala yang ringan, dan bahkan biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun. Gejala aterosklerosis biasanya tidak terjadi sampai arteri menyempit, atau tersumbat sehingga tidak dapat mensuplai cukup darah ke organ dan jaringan.

Terkadang bekuan darah menghalangi aliran darah sepenuhnya. Gumpalan darah tersebut bisa pecah dan memicu serangan jantung atau stroke. Gejala aterosklerosis sedang hingga berat bergantung pada arteri mana yang terpengaruh.

Kalau menderita aterosklerosis, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan. Perhatikan juga gejala awal akibat kurangnya aliran darah, seperti nyeri dada, nyeri kaki, atau mati rasa.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network