Mitra Binaan PT. PLN Indonesia Power UBP Cilegon, Raih Penghargaan ProKlim dari Menteri KLHK RI

Sahlan
Mitra Binaan PT. PLN Indonesia Power UBP Cilegon, Raih Penghargaan ProKlim dari Menteri LHK (Foto:List)

SERANG, iNewsBanten- Pertama dan Satu Satunya di Kabupaten Serang, Mitra Binaan CSR UBP Cilegon Sabet Penghargaan Proklim Utama Trophy Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Kampung Dukuh RW 04 Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang berhasil meraih penghargaan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar pada 9 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center dan diterima oleh Ruhul Amin selaku Kepala Desa Margagiri, Pada penyerahan penghargaan ini turut hadir juga Tim Proklim Kampung Dukuh RW 04 Desa Margagiri, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang dan Tim CSR UBP Cilegon.

Pada ajang Proklim 2024, sebanyak 1.824 kampung yang mendaftarkan Proklim. Pendaftaran dibuka sejak Februari - April 2024. Semua pendaftar diwajibkan mengisi isian dan bukti bukti kegiatan Proklim pada Sistem Registrasi Nasional (SRN) KLHK RI.

Tim KLHK RI menilai dan mereview dokumen setiap peserta. Berdasarkan penilaian maka terjaring 522 nominasi Proklim utama yang kemudian dilakukan verifikasi lapangan oleh tim KLHK RI ke setiap lokasi. Berdasarkan verifikasi lapangan, RW 04 Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang mendapatkan penghargaan Proklim Kategori Utama Trophy.

Pada penghargaan Proklim tahun 2024 ini terdapat 55 Desa / Kampung peraih Trophy Proklim Utama dan 34 Desa/Kampung peraih ProKlim Lestari.

Ada empat kategori di dalam Penghargaan kampung iklim 2024 mulai dari pratama, madya, lalu utama dan terakhir lestari.Pencapaian Desa Margagiri pada kategori utama trophy merupakan pencapaian tertinggi bagi para peserta yang baru mendaftarkan diri pada lomba kampung iklim. Karena untuk kategori lestari ada persyaratan khusus yang tidak bisa terpenuhi oleh para peserta baru, untuk lestari perlu membina 10 kampung / desa dan program minimal sudah berjalan 4-5 tahun.

Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda pada DLH Kabupaten Serang Muas Sisul Haq mengatakan, dinobatkannya RW 04 Desa Margagiri berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, baik Pemkab Serang, Pemerintah Desa Margagiri, PT PLN Indonesia Power UBP Cilegon, serta masyarakat Desa Margagiri.

“Kita berusaha melakukan kolaborasi dengan stakeholder dalam melaksanakan program kampung iklim di RW 04 Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara sejak tahun 2023. Ini adalah capaian pertama yang tertinggi dan satu-satunya di Kabupaten Serang sejak keikutsertaanya dimulai tahun 2021,” katanya

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network