Menuju Kemandirian Pangan, Bumi Mutiara Serang Ideal Gelar Pelatihan Hidroponik bagi ASN Kota Serang

Erdi
Menuju Kemandirian Pangan, Bumi Mutiara Serang Ideal Gelar Pelatihan Hidroponik untuk ASN di Kota Serang(ist)

SERANG, iNewsBanten - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pertanian modern, KORPRI Pemerintah Kota Serang bekerja sama dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Banten menggelar Pelatihan Hidroponik yang berlangsung di Kantor Marketing Gallery Kawasan Perumahan Bumi Mutiara Serang Ideal. Kamis (15/8/2024) 

Dalam Acara tersebut tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang hidroponik, tetapi juga diwarnai dengan penandatanganan
Nota Kesepahaman antara Fans Hydro Sayurku dengan Fakultas Pertanian Untirta.

Kegiatan pelatihan dihadiri tokoh penting oleh sejumlah penting antara lain, Bapak Yudhi Suryadi, S.Sos M.Si Asda 2 Kota Serang, Wakil Ketua I Dewan Pengurus KORPRI Kota Serang, Ibu DR. Ririn Dekan Fakultas Pertanian Untirta, DR. Ismatul Hidayah Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian, DR(c). Rizki Fathullah, S.Kom, M.kom, Wakil Rektor Universitas Banten Jaya, Rd. Eddy Sumarya, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Setiabudi, H. Anis Fuad Salam, S.E, M.M, Founder Graha Hidroponik Centre Serang, Sunar Wibowo, Kepala BTN Syariah Cabang Serang dan para peserta pelatihan dari KORPRI, BSIP serta pegawai Bumi Mutiara Serang Ideal.

Muhammad Amri selaku pengembang perumahan Bumi Mutiara Serang Ideal mengatakan, tujuan pelatihan hidroponik ini memiliki beberapa target utama yang diharapkan dapat dicapai oleh para peserta antara lain, memahami konsep dasar dan berbagai metode hidroponik, mampu merakit sistem hidroponik dan melakukan praktik penanaman, mengoptimalkan penggunaan air dan nutrisi dalam sistem hidroponik, menggunakan teknologi modern untuk memonitor dan mengontrol lingkungan hidroponik, mempelajari dampak lingkungan dan cara menjaga keberlanjutan sistem hidroponik, mengembangkan rencana implementasi hidroponik di lingkungan ASN.

"Pelatihan ini juga memberikan perhatian khusus bagi ASN yang menjelang pensiun, dengan tujuan mempersiapkan mereka untuk berwirausaha di bidang pertanian modern dan meningkatkan keterampilan dalam merancang dan mengelola sistem hidroponik di rumah" jelasnya.

Amri mengharapkan dengan pelaksanaan pelatihan ini, diharapkan para ASN dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam praktik pertanian yang lebih berkelanjutan dan produktif, serta berkontribusi pada ketahanan pangan di wilayah Kota Serang dan  ekitarnya.

"Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi awal yang baik bagi pengembangan pertanian hidroponik di daerah, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mendukung program ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat"ujarnya.

Sementara itu dari pemerintah Kota Serang yang wakilkan oleh Asda 2 Yudhi Suryadi, mengungkapkan mengucapkan terimakasih dari pengembang Bumi Mutiara Serang Ideal dan pemateri telah membantu bersinergi dengan Korpri Kota Serang para ASN yang akan Purna memberikan pelatihan hidroponik.

"Kami sengaja mengumpulkan teman-teman yang mau Purna sehingga nanti punya kegiatan ada aktivitas yang mereka dilakukan rumahnya masing-masing agar tidak jenuh"ujarnya.

Yudhi mengungkapkan kerjasama dengan pihak pengembang mudah-mudahan bisa bersinergi program-program lain misalkan nanti ada CPNS dan P3K yang belum mempunyai rumah karena perumahan ini aksesnya tidak jauh dari lokasi Pemkot Serang.

Dari pihak perbankan Kepala BTN Syariah Cabang Serang Sunar Wibowo mengatakan akan mensupport bidang property bagi setiap perusahaan pengembang perumahan karena BTN Syariah bisnis utamanya property.

"Acara seperti ini bekerjasama dengan Pemkot Serang dihadiri Asda 2 sebagai ketua Korpri yang mana nantinya bisa menggaet calon konsumen dari PNS dengan program Tapera karena kita sudah bekerjasama program tersebut sehingga sinergi ini luar biasa" ucapnya.

Sunar menambahkan ide kegiatan ini setiap perumahan diambil tiap perwakilan-perwakilan dibina pelatihan hidroponik sehingga bisa menghijaukan perumahan dan juga bisa untuk ketahanan pangan.

 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network