5 Fakta Argentina Juara Finalissima 2022, Messi Selevel Ronaldo dan Maradona

Abroh Nurul Fikri
Argentina angkat trofi finalissima (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

LONDON, iNewsBanten.id - Ada 5 fakta Argentina juara Finalissima 2022 yang menarik untuk diulas. Salah satunya menyangkut kapten sekaligus bintang La Albiceleste, Lionel Messi.

Argentina selaku raja Copa America 2021 angkat piala Finalissima 2022 usai mengalahkan juara Euro 2020 Italia dengan skor telak 3-0. Ajang gagasan UEFA dan CONMEBOL itu dihelat di Stadion Wembley, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. 

Tiga gol kemenangan Argentina pada laga tersebut diciptakan Lautaro Martinez pada menit ke-28, Angel Di Maria (45+1) dan Paulo Dybala di masa injury time. Banyak fakta menarik yang mengiringi kesuksesan tim asuhan Lionel Scaloni itu. Apa saja?

Berikut 5 fakta Argentina juara Finalissima 2022:

1. Argentina Super Perkasa

Fakta menarik yang pertama adalah keperkasaan Argentina. Messi dan kolega hingga kini belum terkalahkan dalam 32 pertandingan berturut-turut di semua ajang.

Terakhir La Albiceleste tumbang adalah Juli 2019. Kala itu Argentina dikalahkan musuh bebuyutan Brasil pada ajang Copa America.

 

Dari situ Argentina bangkit menjadi tim yang lebih solid. Kini mereka hanya tinggal berjarak lima pertandingan untuk menyamai rekor Italia.

2. Magis Angel Di Maria 

Angel Di Maria selalu menjadi pahlawan untuk Argentina di laga final. Kontribusinya membawa La Albiceleste juara.

Sejauh ini dia mencetak gol di Olimpiade 2008, lalu Copa America 2021 dan Finalissima 2022. Uniknya semua proses gol yang dia ciptakan hampir sama yakni dengan tendangan cungkil.

Kini Di Maria dan kawan-kawan dituntut beringas di Piala Dunia 2022. Bisakah mantan kidal itu membawa negaranya ke final dan menciptakan gol tendangan cungkil lagi?

3. Lionel Messi Samai Level Cristiano Ronaldo

Kedua ikon sepak bola ini memang selalu dibanding-bandingkan. Teranyar masalah trofi yang dipersembahkan untuk negara tercinta.

Finalissima 2022 merupakan piala kedua yang Messi persembahkan untuk Argentina setelah Copa America 2021. Jumlah tersebut sama dengan Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya CR7 meraih Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019 bersama Portugal. Namun hebatnya Messi angkat dua trofi hanya dalam waktu 11 bulan saja.

Messi sebenarnya juga punya trofi di level junior. Dia pernah membawa Argentina juara Olimpiade 2008 dan Trofi Piala Dunia U-20 2005.

4. Messi Ikuti Jejak Maradona

Finalissima dahulu bernama Artemio Franchi Cup dan sudah digelar dua kali sepanjang sejarah tepatnya pada 1985 dan 1993. Pada edisi pertama, Prancis yang merupakan juara Euro 1984 keluar sebagai pemenang usai kalahkan Uruguay 2-0.

Lalu pada edisi kedua, gantian giliran jawara Amerika Latin yang angkat piala. Adalah Argentina yang saat itu diperkuat Diego Maradona kalahkan juara Euro 1992, Denmark melalui adu penalti.

Kali ini, Lionel Messi yang membawa Argentina juara. La Pulga berhasil menyamai pencapaian yang diraih sang guru Maradona.

5. Trofi Spesial untuk Messi

Trofi Finalissima 2022 terasa sangat spesial untuk Messi. Sebab La Pulga untuk pertama kalinya bisa angkat piala di depan pendukung sendiri.

Sebab sebelumnya di Copa America 2019, penonton belum boleh datang ke stadion karena pandemi Covid-19. 

Itu tadi 5 fakta Argentina juara Finalissima 2022. Selamat Messi dan kolega!

 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network