Kisah Penyesalan Terbesar Brand Nike Putuskan Kontrak dengan Bomber Argentina Lionel Messi

Destriana Indria Pamungkas , MNC Portal
Kisah penyesalan terbesar brand Nike putuskan kontrak dengan bomber Argentina Lionel Messi, kini diserobot Adidas. (Foto: Instagram/@leomessi)

KISAH penyesalan terbesar brand Nike putuskan kontrak dengan bomber Argentina Lionel Messi, kini diserobot Adidas menarik dikulik. Sebab, Lionel Messi telah menjadi sosok megabintang di dunia sepakbola.

Ketenaran Messi di lapangan hijau memang kerap membuatnya diajak bekerjasama dengan berbagai macam pihak. Salah satunya Nike, perusahaan olahraga asal Amerika Serikat. Namun, di balik kerjasama ini, rupanya terdapat sebuah drama.

Untuk mengingatnya kembali, begini kisah penyesalan terbesar brand Nike putuskan kontrak dengan bomber Argentina Lionel Messi, kini diserobot Adidas.

Kisah Penyesalan Terbesar Brand Nike Putuskan Kontrak dengan Bomber Argentina Lionel Messi, Kini Diserobot Adidas

Meski kini Messi identik dengan brand Adidas, sebelumnya La Pulga ternyata menjalin kerjasama dengan Nike. Kerjasamanya dengan Nike terjalin saat Messi masih berusia 14 tahun. 

Kala itu, Messi masih berada di akademi Barcelona. Sepatu Nike juga menjadi saksi bisu atas debut profesionalnya pada 2003. 

Namun, sebelum Piala Dunia 2006 Jerman digelar, sebuah insiden kecil terjadi sehingga menyebabkan Nike harus kehilangan Lionel Messi. Padahal, saat itu, Nike telah memasang iklan Piala Dunia 2006 dengan wajah Messi dan Ronaldo.

Kisahnya dimulai saat Messi akan melakukan sesi foto bersama Nike. Namun tiba-tiba, pihak Nike mendapat telpon dari ayah Messi, Jorge Messi. Kala itu, Jorge meminta Nike untuk menurunkan semua bentuk promosi yang berhubungan dengan La Pulga.

Alasannya, Jorge merasa brand asal Amerika Serikat itu tidak memenuhi salah satu syarat dalam kontraknya. Syarat itu adalah menyediakan banyak kaus untuk Messi. 

Nike rupanya tak terima atas tindakan yang dianggap sewenang-wenang dari pihak Messi. Karena itulah, Nike akhirnya membawa kasus tersebut ke pengadilan pada 2006, tepat beberapa bulan sebelum Piala Dunia 2006 digelar.

Dalam prosesnya, Pengadilan Spanyol mengungkapkan sebuah fakta bahwa perjanjian antara Nike dan Messi bukanlah kontrak resmi, melainkan hanya komitmen. Di sisi lain, Messi rupanya telah terikat perjanjian hitam di atas putih dengan Adidas pada Februari 2006, tepat empat bulan sebelum Nike dan Messi berpisah.

Setelah mengakhiri komitmen dengan Nike, Messi pun bekerja sama dengan Adidas hingga saat ini. Ia bahkan diberi kontrak seumur hidup oleh brand asal Jerman tersebut.

Walau demikian, Messi tetap akrab dengan brand Nike. Pasalnya, klub lamanya, Barcelona, dan timnya saat ini, PSG, tetap disponsori Nike. Sementara itu, Timnas Argentina disponsori Adidas.

Demikian Kisah Penyesalan Terbesar Brand Nike Putuskan Kontrak dengan Bomber Argentina Lionel Messi, Kini Diserobot Adidas.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network