get app
inews
Aa Read Next : Ada 5 Tips Supaya HP Android Tidak Lemot, Ini Caranya

Awas! Dampak Buruk Anak Kecanduan Gawai, Bisa Obesitas hingga Malanutrisi

Minggu, 12 Mei 2024 | 12:09 WIB
header img
Ilustrasi anak kecanduan gawai. (Foto istimewa)

Biasanya ciri-ciri anak mulai Kecanduan bisa terlihat dari beberapa hal. Durasi semisal bermain gim dan media sosial meningkat, bermain internet hingga dini hari, dan saat jadwal sekolah justru tidur. Ketika anak lebih mengutamakan bermain gim atau internet hingga enggan beranjak dari kamar, orang tua perlu waspada.

Kecanduan gawai juga terlihat dari perubahan fisik. Anak bisa mengalami obesitas karena terus duduk atau mengalami malanutrisi akibat mengonsumsi banyak makanan instan, bahkan ada yang lupa makan. Tak sedikit pula ditemukan kasus kecanduan gawai, hingga anak harus dirawat di rumah sakit jiwa

Pada satu sisi, perkembangan teknologi digital menawarkan kesempatan untuk meningkatkan wawasan, meningkatkan keterampilan, bersosialisasi, dan belajar. Namun, di sisi lain, para pengguna media digital tidak langsung otomatis "melek digital". Kemampuan dalam menemukan, mengelola, dan menyebarkan, serta memahami potensi bahaya dunia digital seperti kontak dengan orang yang tidak dikenal, paparan kekerasan, atau informasi konten pornografi, perlu diatasi agar tidak diperalat oleh media digital.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut