get app
inews
Aa Read Next : Tuntut Omnibus Law, May Day 2024 Seluruh Buruh Indonesia Bakal Turun Ke Jalan

Wakil Ketua DPRD Lebak Optimis Pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang Menumbuhkan Perekonomian

Rabu, 13 Juli 2022 | 09:20 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Lebak Ibnu Jarta

LEBAK,iNews BantenWakil Ketua DPRD Kabupaten Lebak Junaedi Ibnu Jarta optimistis pembangunan Jalan Tol SerangPanimbang akan dapat menumbuhkan perekonomian baru bagi masyarakat setempat dan dapat meningkatkan perekonomian.

 

Wakil Ketua DPRD Lebak Ibnu Junaedi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak ini, Selasa, (12/7) mengatakan di ruang kerjanya, dengan dibangunnya pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang dan dengan adanya potensi sumber daya alam (SDA) wilayah Lebak dan Pandeglang cukup besar sehingga diharapkan dapat menyumbangkan perekonomian baru bagi masyarakat dan daat mrndongkrak perekonomian masyarakat ucapnya.

 

Kekayaan SDA itu di antaranya sektor pariwisata, perikanan, peternakan, perkebunan, pertambangan dan pertanian, maka dengan adanya pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang dipastikan banyak menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah itu.

 

Pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang, ia meyakini, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Lebak – Pandeglang yang saat ini tertinggal dengan wilayah Provinsi Banten bagian utara.

 

“Pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten bagian utara yakni Tangerang Raya lebih besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dari sektor industri ,jasa dan pusat perdagangan,” ujarnya.

 

Oleh karena itu, Jalan Tol Serang – Panimbang diharapkan bisa

mengantarkan Lebak – Pandeglang sejajar dengan wilayah Provinsi Banten bagian utara.

 

Kabupaten Lebak kini sudah menyediakan lahan seluas 3.000 hektare untuk kawasan industri guna menumbuhkan ekonomi bagi masyarakat serta menyerap ribuan tenaga kerja.

 

Selain itu, ujar Junaedi, sektor pariwisata diharapkan juga tumbuh diiringi kawasan pemukiman baru.

 

“Kita patut mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang berani merealisasikan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang itu,” kata lelaki lulusan Fakultas Kehutanan IPB tersebut.

 

Kebijakan itu untuk kepentingan pembangunan jangka panjang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi baru tersebut.

 

Pembangunan jalan Tol Serang – Panimbang yang terkoneksi dengan Jalan Tol Jagorawi akan menarik para investor dari wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

 

Wilayah Provinsi Banten sangat strategis dengan kemudahan transportasi darat, udara dan laut, sehingga dapat menekan biaya angkutan.

 

Jalan Tol Serang – Rangkasbitung tahap pertama sudah beroperasi setelah diresmikan Presiden Jokowi dan tahap kedua Rangkasbitung – Panimbang tengah dikerjakan dan ditargetkan 2024 sudah beroperasi.

 

“Kami optimistis ke depan Lebak dan Pandeglang bisa sejajar dengan wilayah Tangerang Raya dengan PAD dan PDRB cukup besar, bisa mensejahterakan masyarakat , sehingga mampu menekan prevalensi angka stunting,” tutupnya

( Aswapi Aman - Red )

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut