Wakil Wali Kota Cilegon: Mahasiswa Harus Punya Ilmu Kemandirian Untuk Bersaing di Era Digital

Chaerul
.
Rabu, 28 September 2022 | 18:42 WIB
Sanuji Pentamarta wakil Wali kota Cilegon hadiri (27/09/2022).

BANDUNG, iNewsBanten - Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta yang sempat hadir dalam kegiatan Upgrading Anggota Baru Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Bandung, Rabu (28/09/2022). 

Dalam kegiatan yang diadakan di Sekretariat KMB Bandung itu, Sanuji menyampaikan sebuah pesan kepada para peserta yang merupakan mahasiswa mahasiswi aktif asal Provinsi Banten yang berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Bandung.

"Para mahasiswa asal Banten, asli orang Banten yang kuliah di Bandung harus bisa menjadi pemimpin, dan bisa bela diri untuk bekal menjalani kehidupan di kota orang," kata Sanuji Pentamarta saat mengisi materi tentang 'Kepemimpinan dalam Nilai nilai Kebantenan. 

Menurutnya, ilmu merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh para mahasiswa untuk bertahan hidup. Ia juga berharap para mahasiswa juga dapat memiliki ilmu terutama ilmu kemandirian dan kreativitas.

"Saya berharap teman-teman dapat membangun kemandirian. Karena kemandirian dapat membantu kita terutama dalam hal ekonomi. Apalagi mahasiswa semester akhir yang sebentar lagi subsidi dari orang tua akan berhenti karena dirasa dirinya sudah mampu mencari uang sendiri. 

Sanuji menjelaskan, apabila mahasiswa yang sudah lulus namun tidak bisa menghidupi dirinya sendiri maka ada yang salah dan harus dikoreksi di dalam riwayat pendidikannya.

"Harus ada koreksi dalam pendidikannya yang selama 17 tahun mencari ilmu, tapi setelah lulus nyari makan buat sendiri aja gak bisa lalu buat apa sekolah? Dan juga pasti ada yang salah dalam belajarnya dan menuntut ilmunya," Tegasnya. 

Apa saja yang kita sukai bisa dikembangkan menjadi uang kata Sanuji, kuncinya adalah dengan terus mencoba dan berusaha.

"Apa aja bisa jadi duit, cari apa yang kita sukai, misal kita suka olahraga ekstrim ya tekuni, bisa jadi nanti kita menjadi pelatih atau coaching instruktur olahraga tersebut, atau bisa menjual alat olahraga dan membangun gedung olahraga. Kuncinya adalah ilmu kemandirian dan tekuni apapun yang kita sukai," Ungkapnya. 

Ia juga menambahkan, agar para mahasiswa asal Banten yang hadir itu tetap percaya diri dengan apa yang dilakukannya asalkan hal tersebut merupakan hal baik.

"Jangan takut tidak mendapatkan rezeki, rezeki sudah ada yang mengatur, sudah Allah atur. Kita sekarang hanya tinggal berikhtiar dan berdoa," Tutupnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News

Bagikan Artikel Ini