get app
inews
Aa
Read Next : Viral di Medsos! Ikan Kebal Senjata Tajam Ditemukan Warga Saat Banjir

Akibat Hujan Deras, Pemukiman di Tangerang Terndam Banjir Hingga 1 Meter

Sabtu, 16 Juli 2022 | 09:09 WIB
header img
Pemukiman Penduduk di Tangerang Terendam Banjir Sedalam 1 Meter (doc Istimewa)

TANGERANG, iNewsBanten - Sejumlah permukiman penduduk di Kota Tangerang terendam banjir hingga ketinggian 1 meter akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Jumat, 15 Juni 2022 siang. Salah satunya Perumahan Puri Kartika, Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang yang terendam banjir sejak semalam, hingga pagi ini Sabtu (16/7/2022).

Tidak hanya Kelurahan Tajur saja, kawasan Ciledug Indah 1 dan 2 yang berada di Kecamatan Karang Tengah, Tangerang juga terendam banjir. Akses jalan menuju dua perumahan tersebut ikut terputus, dan membuat arus lalu lintas terhambat.

Kepala Divisi Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, ketinggian banjir di kedua titik tersebut bervariasi, mulai dari 50 sentimeter, hingga 1,5 meter. Banjir disinyalir akibat intensitas hujan yang tinggi dan adanya luapan air di Kali Angke yang melintas di kawasan setempat.

"Malam tadi air yang merendam kawasan itu cukup tinggi, mulai 50 senti sampai 1,5 meter. Tapi saat ini sudah mulai surut secara perlahan, meskipun belum signifikan," katanya saat dikonfirmasi.

Saat kini, masyarakat yang terdampak pun langsung dievakuasi ke tenda darurat yang didirikan baik dari BPBD, PMI, TNI ataupun instansi lainnya. Sementara itu, aliran listrik di wilayah terdampak banjir diputus untuk sementara waktu dengan alasan keamanan.

"Ada beberapa yang dievakuasi dan ada juga yang memilih bertahan di rumah mereka lantai dua. Namun, memang saat ini kondisi kelistrikan sudah dipadamkan pihak PLN," ujarnya.

Pihaknya bersama petugas TNI-Polri pun terus bersiaga karena dikhawatirkan air kembali naik. Selain itu, petugas juga melakukan patroli dilokasi banjir.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang A Ghufron Falfeli menjelaskan setidaknya ada 12 titik di Tangerang yang terendam banjir akibat diterpa hujan deras disertai angin kencang sejak Jumat siang lalu.

"Sampai hampir 6 jam itu tercatat ada 12 titik banjir dari cuaca ekstrem ini,” katanya dalam keterangan tertulis.

Hingga saat ini, tim dari BPBD masih terus memantau perkembangan cuaca saat ini. Selain itu, ada penyedotan yang dilakukan oleh pihak Damkar.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut