get app
inews
Aa Read Next : Microsoft Sebut Ponsel Android Rentan Dibajak Hacker, Begini Penjelasannya

Kembali Mencuat! Jual Beli 337 Juta Data Penduduk Indonesia di Forum Hacker

Selasa, 18 Juli 2023 | 02:17 WIB
header img
Data Penduduk Indonesia,kembali di jual belikan di Forum Hacker (doc ilustrasi)

CILEGON, iNewsBanten - Akun Twitter @DailyDarkWeb menyebut sebanyak 337 juta data kependudukan masyarakat Indonesia diperjual belikan di forum para peretas (hacker). Kasus ini pun merupakan kebocoran data yang kesekian kalinya terjadi di Indonesia.

Meski demikian, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan ada yang janggal dari klaim tersebut. Oleh karena itu, mereka pun akan memeriksa terkait dugaan bocornya 337 juta data kependudukan.

"Jumlah penduduk kita kan 275 juta, itu ada 300 juta, berarti kan kelebihan, karena itu kita akan periksa seperti apa," ujar Usman seperti dilansir dari Antara.

Usman mengatakan Kemenkominfo akan memanggil pengendali data tersebut, dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemenkominfo akan terlebih dahulu mendengar laporan dari kedua pihak tersebut.

Jika nantinya ditemukan adanya kebocoran data, maka BSSN akan melakukan audit untuk mencari tahu jumlah dan data apa saja yang bocor, kemudian hasil audit tersebut akan dilaporkan ke Kemenkominfo.

"Kita akan lihat kalau ada pengendalian data yang tidak baik, maka sudah diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 71 Tahun 2019 (tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik) sanksi apa yang bisa kita jatuhkan kepada pengendali data," kata dia.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut