get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi Batuk di Rumah dengan Alami, Berikut 5 Tipsnya

Warga di Gegerkan Dengan Adanya Lutung Berekor Panjang Masuk Ke..

Rabu, 03 Agustus 2022 | 07:49 WIB
header img
Foto ilustrasi Puluhan Monyet/Lutung Masuk Ke Salah satu Pemukiman (Dock Ilustrasi, -)

CIREBON, iNewsBanten - Lutung ekor panjang atau di Jawa Barat disebut surili membuat heboh warga Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Satwa dilindungi itu masuk rumah dan sembunyi di dalam kamar, Selasa (03/08/2022) sore.

Beruntung, lutung ekor panjang bernama ilmiah Presbytis comate itu telah jinak sehingga tidak menyerang manusia. Dia hanya masuk ke rumah dan sembunyi di dalam kamar. Walaupun tidak menyerang, pemilik rumah takut untuk mengevakuasi satwa tersebut.

Sehingga, warga meminta bantuan petugas pemadam kebakaran Kabupaten Cirebon sektor Kecamatan Weru. Tak lama kemudian, petugas damkar sektor Weru tiba di lokasi. Petugas pun tak menemui kesulitan berarti menangkap satwa tersebut.

"Proses evakuasi tidak terlalu sulit karena sudah jinak. Dipancing pakai buah pisang," kata Komandan Regu (Danru) 3 Damkar Sektor Weru Helmi Azis. 

Helmi menyatakan, kejadian berawal saat pemilik rumah sedang mengepel lantai sehingga tidak tahu ada seekor surili masuk melalui pintu yang terbuka. Warga baru tahu ada seekor surili di dalam rumah saat masuk ke kamar. 

Surili melompat ke atas lemari. Kemudian hingga di atas AC. Namun surili tidak menyerang pemilik rumah. Setelah berhasil diamankan, petugas pemadam kebakaran akan menyerah lutung jenis surili ini ke petugas Badan Kelestarian Sumber Daya Alam (BKSDA) Cirebon. "Kemungkinan satwa ini hewan peliharaan," ujar Helmi.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut