get app
inews
Aa Read Next : Ternyata ini Manfaat dari Buah Sawo! Kaya Antioksidan dan Bagus untuk Pencernaan Anda

Cara Mengatasi Batuk di Rumah dengan Alami, Berikut 5 Tipsnya

Senin, 29 April 2024 | 16:04 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten -  Saat sakit batuk kering sama menyebalkannya dengan batuk berdahak. Meski disertai lendir atau dahak, batuk kering tetap mengganggu dan umumnya membuat tenggorokan gatal.

Melansir Healthline, batuk kering juga merupakan efek samping jangka panjang dari paparan racun lingkungan, seperti asap rokok.

Sebelum menenggak obat batuk yang dijual di pasaran, batuk kering ini bisa dicoba untuk diredakan dulu dengan obat rumahan yang alami.

Bahan alami rumahan apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai obat saat batuk kering melanda? Berikut ini, dihimpun dari Medical News Today dan Healthline.

1. Madu

Dapat dimanfaatkan sebagai obat, karena madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan, mengurangi iritasi. Studi tahun 2017, mengungkap madu lebih manjur dibandingkan dextromethorphan sebagai pengobatan batuk untuk mengurangi serangan batuk malam hari yang mengganggu anak-anak. Cara konsumsinya, cukup tenggak satu sendok makan madu alami atau dicampurkan ke dalam air atau teh hangat.

2. Kunyit

Rempah terkenal satu ini mengandung curcumin, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri yang salah satunya bermanfaat untuk batuk kering. Curcumin paling baik diserap ke dalam aliran darah saat diminum dengan lada hitam. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti jus jeruk dingin, untuk diminum atau juga bisa dibuat menjadi teh hangat.

3. pepermin

Di dalamnya mengandung mentol dengan sifat antibakteri dan antivirus. Sehingga bisa membantu tenggorokan yang teriritasi oleh batuk, sehingga bisa membantu meredakan nyeri dan mengurangi rasa gatal-gara batuk.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut